Hilang Kendali di Tanjakan, Truk Sawit Kandas di Siguntur

"Kalau tidak disandarkan ke tebing, truk ini bisa membahayakan kendaraan lain"
Awak Truk Sawit Mengatur Lalulintas Sembari Menunggu Proses Pemindahan Muatan Truk (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sebuah truk pengangkut minyak sawit bermuatan 14 ton kandas di pendakian jalan Nasional Padang-Painan, tepatnya di sekitar kawasan Kenagarian Siguntur Muda, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat 11 Agustus 2017 sekitar pukul 12.00 WIB.

Kejadian ini terjadi akibat truk dengan nomor polisi BA 9583 BU tersebut hilang kendali karena menghindari tabrakan dengan kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan.

Begitu tabrakan dihindari, seorang awak truk, Hasan (58) mengaku truk kehilangan tenaga mesin sehingga rekannya yang bertugas sebagai supir terpaksa menyadarkan truk tersebut ke tebing, untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan yang datang dari belakang.

"Kalau tidak disandarkan ke tebing, truk ini bisa membahayakan kendaraan lain yang datang dari arah belakang kami. Ditambah lagi rem truk tidak sanggup menopang berat muatan begitu lepas kendali tadi," katanya pada KLIKPOSITIF.

Untuk mengevakuasi truk tersebut, Hasan bersama rekannya yang lain berupaya untuk memindahkan muatan mereka ke kendaraan lain, "Harus dipindahkan supaya pemindahan truk lebih mudah," ujar Hasan.

Akibat peristiwa ini, lalu lintas di Kenagarian Siguntur Muda sempat tersendat. Pengendara yang datang dari arah Painan maupun Padang terpaksa lewat secara bergantian karena truk tersebut menutupi hampir sebagian badan jalan.

Selain itu pengendara yang akan melintasi kawasan ini juga diminta untuk berhati-hati dan mengurangi laju kendaraan karena kawasan tersebut rawan terjadi kecelakaan.

[Kiki Julnasri Priatama]