Dua JCH Pasaman Gagal Berangkat, Ini Penyebabnya

"Keduanya menderita gagal ginjal dan harus melakukan cuci darah"
Jemaah Calon Haji asal Pasaman (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF---Dua orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Pasaman-Sumbar gagal berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2017 lantaran mengalami sakit gagal ginjal.

Dua orang yang batal berangkat tersebut yakni, Gulmat Bin Muhammad Soleh (54) asal Kecamatan Padang Gelugur dan Pandak Binti Ramli (75) asal Kecamatan Rao Selatan.

“Mereka batal berangkat karena menderita sakit gagal ginjal dan harus menjalani cuci darah,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Tohar Mukti kepada KLIKPOSITIF, Jum’at 11 Agustus 2017.

Dia mengatakan, JCH bernama Gulmat memang sudah batal total berangkat ke tanah suci, sebab uang pelunasannya sudah dimintanya kembali. Sedangkan JCH atas nama Pandak ditunda hingga tahun depan.

“CJH atas nama Pandak ini baru diketahui menderita gagal ginjal sejak seminggu lalu. Dengan kondisi yang tidak memungkinkan berangkat ke tanah suci, pihak keluarga masih berharap untuk dapat berangkat pada tahun 2018 mendatang,” katanya.

Dia menerangkan, pada saat ini total JCH asal Kabupaten Pasaman yang berangkat sebanyak 169 orang. Selain itu ditambah satu orang TPHD yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, M. Saleh dan satu orang petugas kesehatan atas nama Vera Asmar yang bertugas di Lubuk Sikaping.

“Sebelumnya JCH Asal Kabupaten Pasaman yang terdaftar dan masuk dalam kuota keberangkatan haji tahun 2017 sebanyak 175 orang. Namun, empat orang diantaranya mengundurkan diri dan dua orang menderita sakit,” terang Tohar.

Menurut jadwal, kata Tohar, JCH asal Pasaman berangkat ke embarkasi haji Padang pada 14 Agustus mendatang. Mereka tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) XVI.

[Riki Hendra]