Koleksi Foto Bung Hatta Dipamerkan di Bukittinggi

"Pameran foto ini dilakukan untuk memperingati 115 tahun kelahiran Bung Hatta"
Koleksi foto Bung Hatta yang dipamerkan di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta di kawasan Gulai Bancah Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Hari ini, 12 Agustus 2017, tepat 115 tahun hari kelahiran Wapres Pertama RI Mohammad Hatta.

Untuk pertamakalinya, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menggelar peringatan hari kelahiran sang Proklamator tersebut di pustaka nasional yang berlokasi di sebelah Balai Kota Bukittinggi itu.

"Kita baru sekarang mengadakan di sini, semoga berlanjut di tahun berikutnya," sebut Kepala Perpustakaan Bung Hatta, Purwanto.

Beberapa kegiatan diadakan di Pustaka Hatta, seperti lomba mewarnai wajah Bung Hatta tingkat anak TK.

Juga ada story telling tentang sepak terjang Bung Hatta dalam memerdekakan Indonesia dari penjajah Belanda.

Yang paling menarik, Pustaka Bung Hatta memajang foto-foto kunjungan Bung Hatta ke berbagai wilayah di Indonesia, terutama wilayah Sumatera Tengah.

"Ada sekitar seratusan foto yang kita pajang," lanjut Purwanto.

Foto tersebut, dipajang secara melingkar persis di depan gedung Pustaka sehingga tampak mengelilingi Patung Hatta yang berdiri agung di tengah kolam mini.

Beberapa koleksi tersebut, bagi orang awam tentunya tergolong langka, seperti foto kunjungan Hatta ke Pabrik Semen Indarung, Padang pada 15 Mei 1952, maupun foto Bung Hatta sekeluarga yang berpakaian adat Minangkabau pada perayaan hari kelahirannya yang ke-70.

Berbagai koleksi foto itu dipajang sepanjang hari ini diiringi dengan lagu Bung Hatta ciptaan Iwan Fals yang diputar secara berulang-ulang.

[Hatta Rizal]