Terkait Serangan Hama Lalat, Petugas akan Dikerahkan ke Surantih Pessel

"Petugas akan mengecek terkait serangan lalat di lapangan"
Serangan lalat di pemukiman warga Surantih Pessel (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan (Pessel), Hazrita menyebut akan segera menindaklanjuti informasi wabah lalat yang menyerang Kampung Samudera Kenagarian Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pessel.

"Kami akan segera konfirmasikan sama petugas di lapangan. Bersama petugas nanti akan kita evaluasi ke lapangan," sebut Hazrita pada KLIKPOSITIF setelah menerima laporan tersebut, Sabtu 12 Agustus 2017.

Hazrita menjelaskan, jika serangan wabah lalat di Kampung Samudera Kenagarian Surantih diakibatkan karena adanya pengelolaan Ayam Ras di daerah itu, pihaknya akan melihat kelengkapam izin pihak pengelola. Sebab usaha peternakan Ayam Ras yang bersifat usaha komersial dan harus memliki ketentuan izin yang jelas, terutama di lingkungan setempat.

"Kita cek dulu awal pendirian kandang pemiliknya, diantaranya harus dapat izin dari tetangga di lingkungan itu. karena peternakan Ayam Ras ini bersifat komersil," terangnya.

Lanjutnya, dalam pengembangan usaha ternak Ayam Ras, ia menyebut pihak pengelola harus memperhatikan dampak yang akan muncul dari bentuk usahanya. Sebab, untuk pemeliharaan ternak ayam harus menjaga lingkungan agar terhindar dari wabah penyakit.

Baca berita terkait : Hama Lalat Serang Pemukiman Warga di Surantih Pessel

[Kiki Julnasri]