Gempa di Bengkulu Terasa Merata di Pulau Sumatera

"intensitas gempa dirasakan ringan hingga sedang"
Gempa Bengkulu (laman BMKG)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa dengan kekuatan 6,6 SR dengan pusat gempa pada kedalaman 10 kilometer pada 71 kilometer barat daya Bengkulu pada Minggu sekitar pukul 10.08 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB segera melakukan analisis dan konfirmasi dampak gempa melalui komunikasi langsung dengan BPBD.

Berdasarkan laporan sementara, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan, sejumlah wilayah di Sumatera terkena dampak dari gempa tersebut.

Di Bengkulu Utara, gempa dirasakan cukup kuat selama 10 detik. Bangunan rumah dirasakan bergetar dan perabotan rumah seberjatuhan. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa.

Di Muko-Muko Bengkulu, gempa dirasakan kuat selama 5 sampai 10 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. BPBD Muko-Muko belum dapat meneruskan informasi kepada masyarakat karena listrik padam saat gempa. Belum ada laporan dampak gempa.

Di Kepahiang Bengkulu, gempa dirasakan kuat selama 10 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Kursi, meja, lemari dan perabotan rumah bergetar. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan.

Di Lubuk Linggau, Kerinci dan Bengkulu Selatan gempa dirasakan cukup kuat hingga kuat selama 5-10 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan dampak gempa.

Di pesisir Kota Padang, gempa dirasakan cukup kuat. Gempa dirasakan mengayun. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan.

Di Tua Pejat, Kepulauan Mentawai, gempa dirasakan cukup kuat. Masyarakat ke luar rumah dan berkumpul di tempat yang aman. Kondisi permukaan laut tetap normal. BPBD menyampaikan kepada masyarakat tidak ada potensi tsunami.

Gempa juga ... Baca halaman selanjutnya