Sapi Tanpa Sertifikat Dilarang Dikonsumsi

"Kami tempatkan petugas di daerah perbatasan Sumbar untuk memastikan agar sapi yang masuk ke Sumbar benar-benar dalam kondisi sehat, dan aman untuk dikonsumsi"
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Erinaldi (Joni Abdul Kasir/Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Erinaldi meminta para pengurus masjid atau musala untuk hanya menerima sapi kurban yang telah miliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKSH). Tanpa adanya SKSH yang dikeluarkan pusat kesehatan hewan atau dokter hewan, maka sapi dilarang untuk di konsumsi masyarakat.

“Kami tempatkan petugas di daerah perbatasan Sumbar untuk memastikan agar sapi yang masuk ke Sumbar benar-benar dalam kondisi sehat, dan aman untuk dikonsumsi. Jadi bagi pengurus masjid atau musala, tolong pastikan sapi yang dibelinya itu ada SKSH,” sebut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Erinaldi.

Ia mengatakan, pedagang atau suplayer sapi kurban berkewajiban menyertai SKSH untuk setiap sapi yang dijualnya. Surat keterangan sehat untuk hewan kurban tersebut sebagai jaminan jika hewan yang dijual benar-benar sehat.

“Surat itu sebagai jaminan hewan yang akan dijual, terbebas dari segala penyakit yang menular maupun tidak menular. Selain itu, untuk memastikan kesehatan hewan kurban di Sumbar kami juga akan kontrol langsung ke sejumlah tempat penjualan hewan. Beberapa dokter hewan juga akan diterjunkan untuk mengecek kesehatan, termasuk pada tempat-tempat pemotongan hewan kurban nanti,” terangnya.

Terkait kebutuhan sapi kurban di Sumbar pada tahun ini, Erinaldi menyebutkan jumlahnya diperkirakan tak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun 2016 lalu. Sebanyak 35 ribu ekor sapi kurban diperkirakan akan disembelih pada saat Idul Adha 1438 Hijriah nanti.

“Jika melihat kebutuhan masyarakat, hewan kurban pada tahun ini diperkirakan sebanyak 35 ribu ekor,” ujarnya.

Untuk mengisi kebutuhan sapi kurban di Sumbar, ia menjelaskan terdapat stok sapi kurban di beberapa daerah di Sumbar. Diantaranya, Agam, Limapuluh Kota, Dharmasraya, Pesisir Selatan, Pasaman Barat dan Sijunjung. Selain sapi yang berada di kandang peternak, ... Baca halaman selanjutnya