"Warga Pesisir Selatan Dapat Langsung Menjual Ikan Segar ke Solok"

"Pessel butuh dua ruas jalan penghubung"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni menyebut, Pessel butuh pembangunan dua ruas jalan penghubung yakni jalan Pasarbaru-Alahanpanjang dan Kambang-Muarolabuah yang hingga saat ini masih terkendala anggaran dan regulasi.

Menurutnya, badan jalan yang telah terbentuk perlu dilanjutkan pembangunannya demi mempermudah akses dan mempersingkat jarak tempuh. Selain itu dengan pembangunan jalan tersebut diyakini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat antar daerah, apalagi nantinya kedua jalan tersebut juga akan menjadi jalan tembus wisata antara Pessel dengan Kabupaten Solok dan Solsel.

"Warga Pesisir Selatan dapat langsung menjual ikan segar ke Solok, begitu juga Alahanpanjang bisa langsung jual sayur-sayuran segar tanpa melulu melewati kota Padang, Solok Selatan juga begitu," tutur Hendrajoni saat lanjutan Rapat Koordinasi Bupati dengan Gubernur Sumbar di Auditorium Gubernuran, Senin 14 Agustus 2017.

Menurut Hendrajoni, untuk ruas jalan Pasarbaru-Alahanpanjang perlu pelebaran jalan dan revitalisasi beberapa jembatan.

"Tentunya, kami berharap provinsi terus melanjutkan penganggaran ini dengan dana provinsi," terang Hendra Joni di depan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Sementara terkait pembukaan jalan Kambang-Muarolabuah ini masih terkendala regulasi, sebab jalurnya melewati kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Bupati menjelaskan pembangunan jalan tersebut harus segera dilakukan, sebab dapat mempersingkat perjalanan. Biasanya, dari Pesisir ke Muarolabuah ditempuh sekitar 6 jam melewati Kota Padang. "Kalau jalan itu rampung, Pessel-Muarolabuh hanya satu jam," katanya.

Apalagi, dengan dibukanya jalan itu kelak, diyakini mampu menjadi penyelamat nyawa warga di wilayah tengah pesisir. Seketika terjadi bencana Tsunami, gempa dan sebagainya. Masyarakat bisa langsung lewat jalur tersebut untuk evakuasi.

"Sekarang, kita mau lindungi nyawa orang atau ... Baca halaman selanjutnya