Ternyata Ini Penyebab Padamnya Listrik di Rumah Anda

"Jika daya listrik yang diberi oleh PLN adalah 900 watt, sedangkan pemakaian listrik di rumah melebihi 900 watt, maka hal itu akan menyebabkan listrik di rumah Anda seketika padam"
Ilustrasi (Tribun Timur)

KLIKPOSITIF - Setiap rumah pasti pernah mengalami mati lampu/padamnya aliran listrik. Namun pernahkan hanya listrik rumah Anda saja yang padam sementara listrik tetangga tetap hidup?

Nah, pada umumnya saat listrik padam yang diperhatikan oleh orang adalah berubahnya posisi sakelar Miniatur Circuit Breaker (MCB) dari posisi "on" ke posisi "off". Mengetahui hal itu, maka orang langsung mengembalikannya ke posisi "on". Namun apa jadinya jika listrik tak kunjung hidup jika telah dilakukan hal tersebut?

Berikut ini ada beberapa penyebab padamnya listrik di rumah, diantaranya:
1. Beban listrik yang terlampau besar melebihi batas kemampuan MCB
Jika daya listrik yang diberi oleh PLN adalah 900 watt, sedangkan pemakaian listrik di rumah melebihi 900 watt, maka hal itu akan menyebabkan listrik di rumah Anda seketika padam. Jika berulang kali terjadi,maka bisa saja terjadi korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran.

2. Adanya Konsleting
Korsleting adalah keadaan dimana saling bersentuhannya dua jalur kabel positif dan negatif baik secara langsung ataupun secara tidak langsung. Contoh korslet secara langsung adalah bersentuhannya dua kabel positif dan negatif yang terbuka, sedangkan contoh korslet secara tidak langsung adalah fitting lampu yang tergenang air yang diakibatkan oleh bocornya atap rumah, lalu airnya menetes pada langit-langit rumah tempat menempelnya fitting lampu.

3. Adanya alat elektronik yang rusak atau terbakar. 
Misalnya mesin pompa air listrik yang lilitan/spullnya terbakar. Bisa juga berasal dari peralatan listrik lainnya seperti charger laptop atau charger air yang sebelumnya tanpa Anda sadari basah terkena hujan.

4. Gangguan yang disebabkan oleh pohon bisa terjadi akibat alam ataupun ulah manusia.
Jika terjadi angin ataupun hujan besar bisa menyebabkan banyak ... Baca halaman selanjutnya