Irwan Prayitno Pecahkan Rekor Kepala Daerah Pencipta Pantun Terbanyak di Dunia

"Ini adalah rekor dunia yang didapatkan Irwan Prayitno sebagai satunya-satunya Gubernur yang melahirkan pantun sebanyak ini"
Gubernur Irwan Prayitno menerima penghargaan rekor dunia sebagai kepala daerah yang telah menciptakan pantun spontan terbanyak di dunia mencapai 18.000 pantun (Humas Pemprov Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF - Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) menyerahkan penghargaan rekor dunia pada Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno sebagai kepala daerah yang telah menciptakan pantun spontan terbanyak di dunia mencapai 18.000 pantun.

"Ini adalah rekor dunia yang didapatkan Irwan Prayitno sebagai satunya-satunya Gubernur yang melahirkan pantun sebanyak ini," ungkap Manager Muri, Andre Purwandono ketika menyerahkan piagam penghargaan di Tugu Perdamaian Pantai Muaro Lasak, Minggu 20 Agustus 2017.

Selain rekor Muri, pantun yang telah dibukukan Irwan Prayitno sebanyak 6 jilid juga telah mendapat hak cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang diserahkan pada kesempatan yang sama oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Dwi Prasetyo.

Sementara itu, usai menerima penghargaan Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, kebiasaannya berpantun dilakukan sejak periode kedua menjabat sebagai Gubernur. Pantun ditulis spontan dan disampaikan ketika memberikan sambutan atau arahan dalam berbagai kegiatan.

Irwan menjelaskan, gaya komunikasi berpantun dipilih karena pantun merupakan kearifan lokal Minangkabau yang dirasakan mulai ditinggalkan. Selain itu, melalui pantun, pesan dan arahan semakin mudah tersampaikan dan dimengerti bnyak orang.

"Pantun ini bentuk dukungan saya agar pantun dimasyarakatkan kembali. Apalagi, ... Baca halaman selanjutnya