Laga Pembuka Grup A FFI Championship 2017, Sumbar Dibekuk Sumut

Skuat Sumbar Saat Melawan Sumut
Skuat Sumbar Saat Melawan Sumut (Ade Suhendra/Klikpositif)

MEDAN, KLIKPOSITIF -- Tim tuan rumah AFP Sumut bekuk tim tamu AFP Sumbar dalam laga perdana Federasi Futsal Indonesia (FFI) Championship 2017 yang berlangsung di GOR Dispora Sumatra Utara, Minggu 20 Agustus 2017. AFP Sumut berhasil raih poin penuh usai tumbangkan AFP Sumbar yang diwakili Futsal Limapuluh Kota dengan skor 8-4

Mengawali babak pertama, AFP Sumut bermain lebih terbuka dan menguasai pertandingan. Sumut dengan mudah menekan pertahanan AFP Sumbar.

baca juga: Narapidana di Lapas Pariaman Ikuti Turnamen Futsal

Memasuki menit keenam, AFP Sumut menjebol gawang Muhammad Hamzah lewat aksi dari pemain bernomor punggung 9, Akbar Anugrah. Kemudian pada menit 7 dan 10 AFP Sumut kembali menjebol gawang AFP Sumbar lewat tendangan keras Alif Kurnia Daud dan Evan Yulio Akbar Lubis, skor 3-0 untuk keunggulan AFP Sumut.

Pertengahan babak pertama, tepatnya menit 12, AFP Sumbar mengejar ketertinggalan lewat pemain andalannya Efrinaldi. Namun lima menit kemudian, M. Iqbal Pasaribu membawa AFP Sumut unggul telak dan merubah kedudukan menjadi 4-1.

baca juga: Jalani Tiga Tahapan Seleksi, Inilah 30 Nama Pemain Muda Rafhely Tuah Sakato FC U-20

Jelang turun minum, pemain bernomor punggung 7 Efrinaldi memperkecil ketertinggalan AFP Sumbar, skor berubah menjadi 4-2.

Jelang laga usai, M. Iqbal Pasaribu, Satria Prayoga dan Evan Yulio Akbar Lubis serta Alif Kurnia Daud merobek gawang dari AFP Sumbar dan membawa AFP Sumut unggul. Sedangkan Sumbar hanya mampu membalas dua gol tambahan dari Ivan Mardika, skor berakhir 8-4 keunggulan untuk AFP Sumut.

baca juga: Antusias, Ratusan Pelajar Sumbar Ikuti Seleksi Tahap III Rafhely Tuah Sakato FC

Pelatih Kepala AFP Sumut Fandy Butarbutar usai pertandingan mengaku cukup puas dengan penampilan anak asuhnya. Pasalnya, jelang laga ia mengaku telah mempersiapkan tim secara maksimal untuk bisa menjadi Grup A FFI Championship 2017 ini.

"Kami telah beradaptasi dengan cuaca dan lapangan yang menjadi venue FFI Championship 2017 ini. Beberapa kali kita latihan juga di sini dan mencoba menyesuaikan pemain dengan lapangan yang memang cukup licin," ujar Fandy saat ditemui KLIKPOSITIF , Minggu 20 Agustus 2017.

baca juga: Setelah Padang, Puluhan Pemain Ikuti Seleksi Rafhely Tuah Sakato di Batusangkar

Sementara itu Khris La Deva, manajemen tim Sumbar menilai permainan melawan AFP Sumut jauh dari harapan. Namun ia mengapresiasi kerja keras tim yang telah maksimal dalam meladeni laga yang cukup berat tersebut.

"Sebenarnya ini tidak menjadi alasan, tapi setidaknya ini juga mempengaruhi permainan anak-anak. Cuaca panas dan lapangan yang cukup licin membuat anak-anak agak kesulitan mengembangkan permainan," ujar Khris didampingi Desrizon 'Iphonk' Idris.

Ia berharap di laga kedua, Futsal Limapuluh Kota yang membawa nama AFP Sumbar dapat meraih kemenangan dan peluang untuk bisa lolos ke babak 8 besar nasional yang akan berlangsung di Bandung pada September mendatang.

Di pertandingan lainnya, AFP Banten berhasil meraih kemenangan perdana nya dengan skor telak 15-1 atas AFP Bengkulu. Hasil ini membuat AFP Banten berada di puncak klasemen dan disusul AFP Sumut.

Kemudian AFP Sumbar dan posisi terakhir ditempati oleh Bengkulu. Laga kedua yang berlangsung Senin 21 Agustus 2017, AFP Sumut akan bertemu dengan AFP Banten. Sedangkan AFP Sumbar akan berhadapan dengan AFP Bengkulu.

[Ade Suhendra]

Penulis: Rezka Delpiera