Antisipasi Penyakit, Semua Hewan Kurban di Payakumbuh akan Diperiksa

"pemeriksaan hewan kurban dilaksanakan dengan membagi petugas pelaksana perkecamatan"
ilustrasi hewan kurban. (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Payakumbuh akan melaksanakan pemeriksaan hewan kurban tiga hari sebelum waktu penyembelihan. Kabid Peternakan, Usfa Hariyanti mengatakan, pemeriksaan hewan kurban dilaksanakan dengan membagi petugas pelaksana perkecamatan.

"Kita membagi petugas untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban di setiap kecamatan agar mudah memeriksa hewan tersebut nantinya," ucap Usfa Haryanti, Senin 21 Agustus 2017.

Dia menambahkan, hewan kurban yang akan disembelih di kota Payakumbuh merupakan hewan yang didatangkan dari beberapa wilayah di Sumatera Barat, di antaranya dari Limapuluh Kota, Tanah Datar, Agam dan Pesisir Selatan. Untuk hewan yang akan disembelih dianjurkan hewan jantan.

"Karena kita harus memerhatikan kelangsungan hidup sapi ke depannya, jika yang disembelih nantinya sapi betina yang produktif," ucap Usfa.

Kepala UPTD Keswan Kota Payakumbuh, Drh. Trisna Yesi mengatakan, hingga saat ini hewan di kota Payakumbuh yang telah diperiksa belum ada terjangkit penyakit hewan yang dapat menular ke manusia seperti penyakit antraks, jembrana atau penyakit yang menular lainnya.

"Namun, kita akan tetap melakukan pemeriksaan ke setiap kelurahan secara detail," ucap Drh. Trisna Yesi.

Drh. Trisna Yesi berharap kepada seluruh panitia penyembelihan hewan kurban di Kota Payakumbuh agar menempatkan hewan yang akan dikurbankan tersebut di sekitar Kota Payakumbuh untuk memudahkan petugas saat melakukan pemeriksaan.

"Jika hewannya masih di luar kota dapat menyulitkan petugas dan bisa jadi luput dari pemeriksaan kesehatan hewan," lanjut Drh Trisna Yesi.

[Arya Irfanus]