Pemprov Kucurkan Rp3,4 Miliar untuk Normalisasi Sungai Pasaman

Normalisasi dan penguatan tebing Batang Sumpur, Kabupaten Pasaman
Normalisasi dan penguatan tebing Batang Sumpur, Kabupaten Pasaman (KLIKPOSITIF/Man St. Pambangun)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kucurkan dana sekitar Rp3,4 miliar untuk normalisasi dan penguatan tebing Batang Sumpur, Kabupaten Pasaman .

Tahun ini, pemerintah kabupaten akan menormalisasi dua sungai yakni sungai Sumpur Nagari Pauah Kecamatan Lubuk Sikaping dan Sungai Batang Tingkarang Kecamatan Rao.

baca juga: Seorang PDP di Pasaman Dimakamkan dengan Protap COVID-19

"Anggaran itu diperuntukkan untuk normalisasi dua sungai untuk mengatasi ancaman banjir," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pasaman Ewilda, Selasa 10 Mei 2016.

Ia mengatakan, normalisasi sungai sudah mulai dikerjakan satu minggu yang lalu. Pihaknya berharap normalisasi sungai ini bisa selesai tepat waktu. "Kegiatan normalisasi ini diharapkan selesai tepat waktu," tegasnya.

baca juga: Polisi Amankan 91,5 Kilogram Ganja di Pasaman, Dua Pelaku Kabur ke Hutan

Untuk pelaksanaan proyek ini, pemerintah kabupaten melakukan normalisasi sungai dan perkuatan tebing Nagari Pauah dengan rekanan dari CV Simpang Raya. "Kontraknya Rp1,3 miliar, sedangkan normalisasi dan perkuatan tebing Batang Tingkarang rekanannya PT ASP dengan kontrak Rp.2,1 miliar. Selain itu kita juga berharap proyek ini selesai tepat waktu," tambahnya.

Sementara itu, Projek Manajer CV Simpang Raya Musliadi mengungkapkan, pelaksanaan proyek ini telah dimulai 22 April lalu dengan panjang kegiatan 250 meter. "Kegiatan Normalisasi ini waktu pelaksanaannya mulai tanggal 22 April hingga September 2016 mendatang," ujarnya.

baca juga: Akui Kesalahan, Anggota DPRD Pasaman Minta Maaf

Pihaknya berharap masyarakat mendukung kegiatan itu untuk kepentingan masyarakat banyak. "Kita akan berusaha bekerja dengan sebaik mungkin dan memberikan hasil terbaik karena dampaknya juga untuk masyarakat banyak," sebutnya.

Disisi lain, salah seorang masyarakat Nagari Pauah, Edo menyambut baik upaya normalisasi itu. Menurutnya, selama ini banjir yang melanda dua kawasan itu selalu merugikan kawasan pertanian dan perkebunan warga.

baca juga: Langgar PSBB dan Maki-maki Petugas di Agam, Kader Gerindra Pasaman Diberi Peringatan

"Langkah dan upaya pemerintah yang menjadikan penanggulangan banjir sebagai salah satu program prioritas sangat kita Apresiasi," tuturnya.

[Man St Pambangun]

Penulis: Fitria Marlina