HMI Lubuk Sikaping Serahkan Surat dan CD Aspirasi ke Mapolres Pasaman Terkait Saut Situmorang

"Ya benar, secara resmi kita sudah menerima aspirasi adik-adik HMI"
HMI Lubuk Sikaping menyerahkan aspirasi kader terkait dugaan fitnah dan pencemaran nama baik kepada Wakapolres Pasaman, Kompol. Sihana (KLIKPOSITIF/Man St. Pambangun)

KLIKPOSITIF - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Lubuk Sikaping menyerahkan surat dan CD aspirasi terkait Wakil Pimpinan KPK, Saut Situmorang. Aspirasi itu diserahkan kepada polres Pasaman yang akan dilanjutkan ke Polda Sumbar dan Mabes Polri.

"Ya benar, secara resmi kita sudah menerima aspirasi adik-adik HMI. Ini aspirasi bukan laporan, kalau laporan polisi hanya di Mabes Polri bukan di Pasaman sebab Tempat Kejadian Perkara (TKP)nya di Jakarta" ujar ," ungkap Wakapolres Pasaman Kompol. Sihana, Selasa 10 Mei 2016.

Menurutnya, aksi damai anggota HMI dan Kahmi berlangsung dengan aman dan lancar. "Aksi ini sudah kita ketahui dari awal. Sudah saling koordinasi antara polisi dan HMI. Kita memberikan pengawal supaya aksi berjalan dengan lancar," ujarnya.

Usai memberikan surat dan CD aspirasi, puluhan kader HMI membubarkan diri dan kembali ke sekretariat. Mereka sepenuhnya menyerahkan aspirasi tersebut kepada pihak Polres Pasaman agar disampaikan ke pusat.

Disisi lain, Ketua umum HMI Komisariat Stai Lubuk Sikaping, Heri Sumarno mengatakan, HMI Lubuk Sikaping menyerahkan sepenuhnya proses hukum ini kepada penyidik Polres Pasaman. "Kita akan tunggu hasil penyelidikan atas laporan kita," sebutnya.

Dijelaskannya, diduga komisioner KPK itu telah melakukan tindak pidana dengan melanggar pasal 310 KUHP dengan sangkaan pencemaran nama baik, penghinaan dan perbuatan tidak menyenangkan. "Kita minta agar Saut Situmorang diberhentikan secara tidak hormat dari komisioner KPK," sebutnya.

Sementara itu, Dewan Pakar Kahmi Pasaman Jajang Fadli mengatakan ucapan seperti itu tidak layak disampaikan seorang komisiner KPK. "Seharusnya ia menjaga marwah lembaganya," tuturnya.

[Man St Pambangun]