Pembangunan Tol Listrik Dipercepat, PLN Hemat Milyaran Per Bulan

" sampai semester pertama ini PLN telah berhasil menyelesaikan 1658 kms yang membentang dari Lahat- Payakumbuh. "
Pekerja pembangunan Tol Listrik PLN tampak serius bekerja (Humas PLN Sumbar)

KLIKPOSITIF - Dari jaringan transmisi sepanjang 46.000 kilometer sirkit (kms) yang harus dibangun PLN untuk mengalirkan listrik dari pembangkit-pembangkit program 35.000 MW, 19.000 kms di antaranya untuk Sumatera.

Untuk itulah, proyek jaringan transmisi 275 kV dan 500 kV di Sumatera terus dikebut. Pembangunan jaringan transmisi alias “ Tol Listrik” di Sumatera dibutuhkan untuk mengalirkan pasokan energi terutama dari pembangkit besar yang mayoritas banyak terdapat di Sumatera Selatan(Sumsel).

Sedangkan, konsumsi listrik tinggi justru berada di Sumatera bagian utara. Alhasil listrik dari pembangkit di Selatan perlu dialirkan ke Sumatera bagian tengah dan utara lewat tol listrik. Untuk itulah pembangunan tol listrik di Sumatera terus dikebut agar evakuasi daya bisa dilakukan secara maksimal .

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Wiluyo Kusdwiharto mengungkapkan bahwa sampai semester pertama ini PLN telah berhasil menyelesaikan 1658 kms yang membentang dari Lahat- Payakumbuh. Sarulla-Sidempuan, Pangkalan Susu-Galang. Dalam waktu dekat, yang akan beroperasi yakni tol listrik dari Payakumbuh-Padang Sidempuan dengan panjang 600 kms.

Dan saat ini, PLN telah berhasil membebaskan lahan untuk pembangunan selanjutnya, yakni 2213 titik tapak tower.

"Makin cepat penyelesaian tol listrik, evakuasi daya makin terjamin dan pasokan listrik makin handal, tak kalah penting hal ini menyebabkan PLN berpotensi menghemat milyaran rupiah perbulan," Ungkap Wiluyo.

Sementara itu, untuk pembangunan transmisi 150 kV di semester awal ini, transmisi yang telah berhasil mengevakuasi daya sepanjang 1932 kms. Pada bulan agustus saja, PLN telah berhasil mengoperasikan transmisi ... Baca halaman selanjutnya