Ini Pemilik "Victor", Sapi Kurban Jokowi di Sumbar

"Sapi milik Dasmar dengan berat lebih dari satu ton tersebut, dibeli presiden untuk berkorban di Kabupaten Agam, Sumetera Barat, yang dibeli lansung oleh staff Presiden Jokowi pada Senin 28 Agustus 2017"
"Victor" Sapi Simental pilihan Presiden RI Joko Widodo, milik peternak asal Agam untuk dikurbankan pada Idul Adha 1438 Hijriah (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Desmar St Palimo di Jorong Tanjung Barulak, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang mendadak menjadi perbincangan khalayak usai sapi ternaknya menjadi pilihan Presiden RI Joko Widodo, untuk dikurbankan pada Idul Adha 1437 Hijriah.

Sapi milik Dasmar dengan berat lebih dari satu ton tersebut, dibeli presiden untuk berkorban di Kabupaten Agam, Sumetera Barat, yang dibeli lansung oleh staff Presiden Jokowi pada Senin 28 Agustus 2017.

"Persisnya 1002 kilogram, dibeli seharga Rp62 juta," kata St Palimo saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF Rabu 30 Agustus 2017.

Dasmar menambahkan, sapi jantan tersebut berusia kurang lebih tiga tahun yang diberi nama Victor itu dipeliharanya sejak kecil dari hasil indukan simental.

Namun bedanya, ukuran sang induk tak sebesar Victor. Bahkan, "kakak" Victor beratnya hanya sekitar 935 kilogram.

"Ini memang paling besar. Tingginya ada 165cm, panjangnya sekitar 250 cm,"lanjutnya.

Dibandingkan sapi-sapi lainnya yang ada di peternakan Dasmar, memang ukurannya Viktor tampak sangat mencolok.

Dalam sehari, Viktor yang kadang-kadang juga dipanggil Gajah, punya selera makan yang sangat luar biasa. Dalam sehari ia bisa menghabiskan sekitar 50 kilogram rumput. Itu belum ditambah dengan makanan tambahan sebanyak 2 baskom perharinya yang berisi ampas tahu, dedek, pelet dan ubi jalar.

Pantauan KLIKPOSITIF, saking besar ukurannya, tali kendalinya pun dibuat bercabang dua agar penjaga ternak tak kesulitan mengaturnya.

Direncanakan, sapi ini akan menjadi hewan korban di Masjid Raya Sumbar.

"Habis Jum'at besok dibawa ke Padang,"sebut Palimo. (Hatta Rizal)