Sekda Kabupaten/Kota di Sumbar Bentuk Forsesdasi, Ini Tujuannya

"Kami disurati oleh Forsesdasi pusat untuk membentuk forum setingkat komisariat wilayah dengan tujuan koordinasi menyelesaikan persoalan ditingkat sekda serta menunjang kinerja"
ilustrasi Upacara dilingkungan pemerintah kabupaten kota (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sekretaris Daerah kabupaten dan kota di Sumatera Barat membentuk Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) yang diketuai M Saleh yang saat ini juga menjabat Sekda Kabupaten Pasaman.

Ia terpilih dari hasil rapat tertutup diruang rapat sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar, Rabu 30 Agustus 2017.

Sekretaris Daerah Sumatera Barat Ali Asmar tidak menapik pembentukan forum tersebut sebagai bentuk menyusun barisan dari sekda se-Sumbar agar tidak dilakukan pergantian secara sepihak oleh kepala daerah yang mengapung beberapa waktu lalu dibeberapa kabupaten dan kota di daerah itu.

"Salah satunya itu. Kami disurati oleh Forsesdasi pusat untuk membentuk forum setingkat komisariat wilayah dengan tujuan koordinasi menyelesaikan persoalan ditingkat sekda serta menunjang kinerja," sebutnya.

Forum ini mempunyai peran memberikan saran kepada kelapa daerah serta mencarikan solusi untuk persoalan daerah terkait pergantian sekda yang tidak sesuai aturan.

Ia menjelaskan, keputusan pergantian sekda tetap berada ditangan kepala daerah namun harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Yang mencuat itu kan Kota Padang Panjang dan Kabupaten Limapuluh Kota. Masalah seperti itu nantinya akan dibicarakan dalam forum ini," katanya saat ditanya soal masalah pergantian sekda di wilayah Sumbar.

Dilanjutkannya, dalam struktur forum itu, gubernur sebagai pembina dan Sekdaprov sebagai pengarah. Dan secara kelambagaan dibawah Kementerian Dalam Negeri.

"Kedepan forum ini juga akan mengadakan rapat kerja nasional (Rakernas) di Sumatera Selatan yang dihadiri sekda seluruh Indonesia," jelasnya. [Joni Abdul Kasir]