Jumlah Hewan yang Dikurbankan di Bukittinggi Meningkat, Ini Totalnya

"Sesuai yang sudah kita prediksi, tahun ini memang terjadi peningkatan hewan yang akan dikurbankan oleh masyarakat untuk di masjid dan mushola, berdasarkan pendataan yang telah kami lakukan di lapangan"
ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Dinas Pertanian dan Pangan Kota (DPP) Bukittinggi mencatat terjadinya peningkatan jumlah hewan kurban pada Idul Adha 1438 Hijriah/2017 Masehi dibanding tahun sebelumnya.

Kabid Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Dari DPP Ahmad Fauzi, di Bukitinggi, Kamis (31/8) mengungkapkan, untuk 2017 tercatat sudah lebih dari 900 hewan yang akan di kurbankan di seluruh masjid dan mushola yang ada Bukittinggi.

"Sesuai yang sudah kita prediksi, tahun ini memang terjadi peningkatan hewan yang akan dikurbankan oleh masyarakat untuk di masjid dan mushola, berdasarkan pendataan yang telah kami lakukan di lapangan," Jelasnya.

Saat ini, sebutnya, total sudah mencapai 960 ekor hewan korban dengan rincian 895 sapi dan 65 kambing. "Jumlah ini boleh dibilang sudah final," ujarnya.

Sementara, jumlah pada tahun 2016, hanya sebanyak 921 ekor yang terdiri dari 874 sapi dan 47 kambing.

"Kita sudah turunkan sebanyak 10 petugas yang memeriksa langsung kesehatan hewan kurban ini dengan cara meninjau langsung ke lokasi. Hingga saat ini belum kita temukan yang bermasalah,"jelasnya.

Sebut Fauzi, pihaknya belum bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebab belum semua hewan kurban yang sudah dipesan itu datang ke Bukittinggi.

"Nanti setelah sampai tentu akan diperiksa kesehatannya seperti tampilan fisik, usia maupun yang lainnya," jelasnya. (Hatta Rizal)