Pedagang Pasa Lereng Bukittinggi Berkurban 9 Ekor Sapi

"Total 800 kupon dibagi-bagikan kepada masyarakat"
Suasana jelang pemotongan sapi kurban di kawasan Los Lambuang Pasa Ateh Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF--Para Pedagang di kawasan Pasar Lereng Bukittinggi ikut berbagi berkah di Idul Adha 2017 dengan ikut menyembelih hewan kurban. Tercatat, sebanyak 9 ekor sapi yang dikurbankan dengan lokasi penyembelihan di dekat Musholla Los Lambuang.

Ketua Persatuan Pedagang Pasa Lereng (P3L) Masri didampingi Sekretaris Hengki Evon mengatakan, kurban ini diikuti oleh 63 peserta kurban.

"Total kupon yang kami sebar ada 800," sebutnya, Sabtu 2 September 2017.

Menurut Masri dan Hengki, setelah sapi disembelih, daging kurban tak hanya diperuntukkan bagi pedagang pasar saja, tapi juga dibagikan kepada mereka yang berhak seperti fakir miskin.

"Jadi, para Pedagang Pasa Lereng tak hanya berdagang saja, kita juga ikut membangun kepedulian antar sesama kaum Muslim," jelasnya.

Data yang berhasil dihimpun KLIKPOSITIF, pemotongan hewan kurban pedagang Pasar Lereng ini sudah berlangsung sejak tahun 2000-an dan terus berlanjut hingga sekarang.

Jumlah kurban tahun ini, disebutkan sedikit mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 10 ekor sapi.

Saat acara pemotongan yang berlangsung siang hari, praktis para pedagang menghentikan aktifitas jual belinya hingga acara pemotongan ini selesai.

Dalam acara penyembelihan ini, juga dihadiri beberapa pejabat Pemko Bukitinggi seperti Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi Melwizardi dan Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Bukittinggi M.Idris.

[Hatta Rizal]