Gubernur Irwan Paparkan Peluang Investasi Sumbar di Kancah Internasional

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melakukan rapat dengan delegasi tim investasi Sumbar dalam Business Forum 2017, di Landsdowne Park, Ottawa Kanada.
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melakukan rapat dengan delegasi tim investasi Sumbar dalam Business Forum 2017, di Landsdowne Park, Ottawa Kanada. (Humas Pemprov Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat ( Sumbar ) Irwan Prayitno terus membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi di Sumbar . Bahkan pada ada acara Indonesia-Kanada Bisnis Forum 2017, ia turut menjadi salah satu pembicara dengan tema "Investment Opportunities in West Sumatera, Indonesia" di Aberdeen Pavillion, Landsdowne Parka, Ottawa, Kanada.

Pada kesempatan itu, Gubernur memaparkan tentang berbagai peluang investasi di Provinsi Sumbar dari berbagai bidang sektor unggulan, diantaranya sektor pariwisata, energi terbarukan, perdagangan serta perikanan.

baca juga: Dua Rumah Hangus Terbakar di Lintau Tanah Datar

"Jadi, kami tim investasi Sumbar memberikan pemaparan kepada investor terkait peluang investasi yang ada di Sumbar . Sebab, Sumbar memiliki beberapa peluang investasi unggulan yang dapat memberikan keuntungan bagi investor, serta memberikan manfaat bagi Sumbar karena dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian di daerah," tuturnya, Jumat (25/8) lalu.

Dikatakannya, ada beberapa investasi yang cukup menarik perhatian investor di Kanada, yakni perdagangan dan pariwisata. Mereka melihat gencarnya Sumbar mempromosikan wisata yang ada di beberapa daerah wisata yang sudah cukup familiar di kalangan investor Kanada. Bahkan, investor ini langsung menindaklanjuti untuk bertemu dengan delegasi tim investasi Sumbar setelah mendengar presentasi yang disampaikan untuk mulai menjajaki peluang pada sektor investasi pariwisata.

baca juga: Kabar Baik, 2 Pasien Positif COVID-19 di Payakumbuh Sembuh

"Untuk sektor pariwisata mereka ingin berinvestasi pada hotel dan resort. Karena, saat ini pengunjung pada lokasi wisata pasti membutuhkan tempat penginapan. Sehingga, mereka ingin berinvestasi pada sektor yang memiliki potensi yang bagus. Wisata Sumbar sedang menggeliat, sehingga membutuhkan penambahan tempat penginapan di beberapa daerah di Sumbar ," ungkapnya.

Sementara itu, perdagangan bersifat umum juga menjadi daya tarik investor karena masyarakat luar negeri dalam hal pasar pedagangan sangat antusias. Kenapa tidak dibuka peluang itu, apalagi Sumbar memiliki komoditi yang dibutuhkan seperti kayu manis, kayu putih, buah pala dan burung walet. 

baca juga: Sekwan Raflis: DPRD Sumbar Tidak Ada Selenggarakan HBH

"Oleh karena itu, peluang perdagangan ini juga patut kita ambil untuk menjadi peluang investasi dengan melihat antusias masyarakat luar negeri terhadap beberapa komoditi di Sumbar ," katanya.

Tak hanya dua peluang investasi tersebut, namun ,kata Irwan, juga memberikan beberapa peluang invetasi lain, seperti energi terbarukan yakni Geotarmal panas bumi, PLTM, PLTMH. Kemudian pada sektor perikanan perlu dikembangkan. Hal ini karena melihat potensi yang besar di Sumbar , karena laut dan pantai sangat luas, sehingga budidaya perikanan ini patut dikembangkan.

baca juga: Sempat Hilang, Warga Kecamatan Pangkalan Ditemukan Selamat

Irwan menambahkan, Pemprov Sumbar memberikan kemudahan bagi para investor yang benar-benar ingin berinvestasi di Sumbar dengan memberikan jaminan persoalan perizinan akan ditangani secara profesional. 

"Kita benar-benar akan tangani investor secara profesional dalam hal perizinan, jika investor itu benar-benar ingin berinvestasi ke Sumbar . Itu menjadi salah satu kemudahan dalam berinvestasi di Sumbar yakni pengurusan izin yang ditangani secara profesional," tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur tidak hanya menjadi pembicara dalam forum bisnis di Kanada, namun juga menyempatkan untuk berkunjung ke kantor pariwisata dan ekonomi kreatif kota Ottawa, Kanada untuk melakukan R)studi bandig pengelolaan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita melihat keberhasilan kota Ottawa-Kanada yang dapat mendatangkan wisatawan mancanegara melebihi jumlah penduduk kota dan mendapatkan devisa negara yang sangat luar biasa. Untuk itu, kami tim investasi melakukan studi kesana. sehingga, apa yang dilakukan pemerintah kota Ottawa dapat dilakukan di Sumbar . Jadi setiap hari, bulan maupun tahun kunjungan wisatawan ke Sumbar bisa mengalami peningkatan, baik itu dari dalam maupun luar negeri," tandasnya.

Kemudian, Gubernur juga turut membuka Invesment Indonesian Festival 2017. Dimana kegiatan itu mengangkat beberapa hal yakni budaya, kuliner dan pameran produk dari Indonesia.

"Masyarakat disana sangat antusias melihat Indonesian Festival 2017 ini. Oleh karena itu,  kita sebagai masyarakat Sumbar juga  harus turut serta untuk mempromosikan budaya kita, yakni menampilkan tari khas Sumbar diantaranya, tari pasambahan, tari piring dan tari payung. Bahkan tim kesenian kita diminta untuk tampil pada acara pembukaan. Hari kedua festival, tim kesenian Sumbar juga turut menampilkan tari urak simpuah, tingkah adok dan tari piring. Kami melihat penonton sangat antusias dengan budaya Minang.Ini terlihat dari semua pengunjung yang ingin selfie dengan tim kesenian Sumbar ," terangnya.

Tidak hanya kesenian, namun juga makanan khas Sumbar seperti rendang dan produk UMKM seperti kerajinan Sumbar juga memukau para pengunjung festival ini. "Sejak pertama dimulai stand Sumbar yang diisi beberapa kuliner dan kerajinan asli Sumbar dari berbagai daerah menjadi daya tarik masyarakat kanada. Dan, stand Sumbar selalu ramai," ulasnya.

Irwan berharap, dengan adanya kegiatan forum bisnis dan festival ini dapat menjadikan momentum untuk memajukan daerah, baik dari segi investasi maupun kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar .


[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Webtorial