Pemprov Sumbar Luncurkan "SIP Sakato"

"adanya SIP Sakato ini akan lebih efektif terkait kemudahan pelayanan perizinan kepada masyarakat dan investor yang ingin berinvestasi di Sumbar"
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wagub Sumbar Muslim Kasim, Kepala Pusat Data dan Informasi BKPM Pusat Siti Romayah dan Kasatgas Koordinasi dan Supervisi (Koruspgah) KPK RI, Adliansyah Nasution saat launching Sistem Informasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Humas Pemprov Sumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar meluncurkan aplikasi pelayanan perizinan dan non perizinan secara online yang diberi nama Sistem Informasi Pelayanan (SIP) Sakato. Adanya SIP Sakato dapat memudahkan masyarakat maupun investor dalam pengurusan perizinan secara cepat dan juga dapat mencegah terjadi pungutan yang tidak wajar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan, adanya SIP Sakato ini akan lebih efektif terkait kemudahan pelayanan perizinan kepada masyarakat dan investor yang ingin berinvestasi di Sumbar. Serta dengan sistem yang online dapat secara cepat dan tidak memakan waktu yang berlarut-larut sehingga membuat masyarakat dan investor yang hendak berinvestasi merasakan kenyamanan dalam berinvestasi.

"Pelayanan online ini akan membuat urusan menjadi serba cepat. Masyarakat maupun investor yang hendak mengurus izin di Sumbar juga akan merasakan pelayanan yang bagus. Sehingga hal ini dapat meningkatkan nilai investasi di Sumbar kedepannya, karena kemudahan perizinan yang diberikan," kata Irwan Prayitno.

Ditambahkannya, pelayanan online ini juga mengurangi tindakan yang menjurus kepada pungutan yang tidak wajar yang sering dikeluhkan masyarakat ketika melakukan pengurusan perizinan secara manual. " Untuk itu, adanya sistem online ini jelas memberikan kemudahan kepada masayarakat dalam mengurus perizinan, serta terhindar dari tindakan pungutan yang tidak wajar. Jadi online ini merupakan cara untuk menyejahterakan masyarakat dalam hal pelayanan publik," ulasnya.

Irwan berharap dengan kemudahan pengurusan perizinan yang diberikan, ... Baca halaman selanjutnya