Bantu Rohingya, Penyanyi Minang Galang Dana dari Pengguna Jalan

"Puluhan penyanyi tersebut turun langsung ke jalan sambil membawa kotak untuk disodorkan pada setiap pengendara"
Aski Galang Dana yang Dilakukan IPKRM di Jalan Soetomo Kota Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Puluhan penyanyi Kota Padang yang tergabung dalam Ikatan Penyanyi Kim Ranah Minang ( IPKRM) menggelar aksi penggalangan dana untuk membantu kelompok Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Puluhan penyanyi tersebut turun langsung ke jalan sambil membawa kotak untuk disodorkan pada setiap pengendara yang melintas di Jalan Dr Soetomo, Kecamatan Padang Timur Kota Padang, Kamis 7 September 2017.

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap muslim Rohingya yang menjadi korban konflik politik dan keganasan militer Myanmar.

"Kami Muslim, mereka juga Muslim, ini yang bisa kami lakukan," kata bendahara IPKRM, Eci Lia Dwima.

Ia mengatakan bahwa penggalangan dana tersebut akan dilaksanakan selama empat hari kedepan dan akan dilaksanakan di tempat yang sama.

"Aksi ini bukan hanya kami saja, di beberapa daerah lainnya juga melakukan hal yang sama," lanjutnya.

Dalam aksinya, IPKRM juga memasang spanduk-spanduk ajakan yang berisi kampanye bantuan kemanusiaan untuk kelompok Muslim Rohingya.

Eci menyebut, semua bantuan yang terkumpul rencananya akan disalurkan langsung pada sebuah yayasan dan akan mendatangkan langsung salah satu dari kelompok Roghingya untuk menerima bantuan tersebut.

"Semoga apa yang telah kami lakukan hari ini dan nanti bisa bermanfaat untuk umat Muslim Rohingya. Apapun yang mendasari konflik tersebut, kami ingin kekerasan terhadap kelompok Muslim disana (Myanmar) dihentikan," pungkas dia kemudian.

[Halbert Chaniago]