Dua Pertiga Warga Amerika Peroleh Berita dari Media Sosial

"Sekitar 67 persen orang dewasa Amerika mengandalkan platform media sosial seperti Facebook, Twitter dan Snapchat "
Sekitar dua pertiga orang dewasa Amerika mendapatkan beberapa berita mereka di media sosial (pixabay)

KLIKPOSITIF - Sekitar dua pertiga orang dewasa Amerika mendapatkan beberapa berita mereka di media sosial. Survei Pew Research Center mengungkapkan setidaknya dua per sepuluh dari mereka sering melakukannya.

Sekitar 67 persen orang dewasa Amerika mengandalkan platform media sosial seperti Facebook, Twitter dan Snapchat untuk mendapatkan berita. Survei menunjukkan bahwa hal itu naik 62 persen dari tahun 2016.

Dilansir dari laman reuters, untuk pertama kalinya dalam survei center, penelitian tersebut juga menemukan bahwa 55 persen orang dewasa Amerika berusia di atas 50 tahun, membaca berita di situs media sosial. Hal ini juga naik dari 45 persen pada tahun 2016.

"Sementara peningkatan kecil secara keseluruhan, pertumbuhan ini didorong oleh kenaikan yang lebih substansial di antara orang Amerika yang lebih tua, kurang berpendidikan, dan tidak berkulit putih," kata penelitian tersebut.

Mereka yang berusia di bawah 50 tahun tetap lebih mungkin daripada orang tua mereka untuk mendapatkan berita dari situs-situs tersebut. Disisi lain, 78 persen penelitian itu mengatakan bahwa mereka mengkonsumsi berita di platform media sosial, tidak berubah dari tahun 2016.

Facebook tetap menjadi platform dominan untuk berita dengan 45 persen orang dewasa Amerika mengatakan mereka mendapatkan berita dari situs media sosial. Kemudian diikuti oleh Alphabet, YouTube dengan angka 18 persen. Sedangkan untuk Twitter, mereka hanya mendapatkan 11 persen.