114.526 Kartu Indonesia Sehat Dibagikan di Pasaman

" Pembagiannya berlangsung dalam lima tahap"
Kartu Indonesia Sehat (http://images.joglosemar.co/)

KLIKPOSITIF - Sebanyak 114.526 Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di Kabupaten Pasaman.

"Pembagian kartu tersebut dilakukan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pembagiannya berlangsung dalam lima tahap," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Desrizal kepada KLIKPOSITIF, Rabu 11 Mei 2016.

Menurutnya, tiga tahap dibagikan melalui pemerintah nagari dan dua tahap lagi dibagi melalui jasa pengiriman. "Semuanya sudah selesai dibagikan pada akhir Februari lalu. Masyarakat kita sudah memegang kartu KIS tersebut," sebutnya.

Ia menjelaskan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping telah mulai menerima pasien pengguna KIS sejak Oktober 2015. Ia berharap pihak rumah sakit memberikan pelayanan terbaik bagi pasien pengguna kartu KIS.

Sementara itu, Kepala Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman, Syafrudin menyebutkan, kartu KIS merupakan pengganti kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang lama. Bentuk pelayanan yang diberikan tidak ada berubah dengan kartu yang lain. Sebab nama-nama memperoleh kartu tersebut sama dengan nama sebelumnya.

Selain itu, peserta BPJS juga ada yang dibiayai oleh pemerintah daerah melaui APBD. "Jumlah pesertanya sebanyak 65.603 orang," tuturnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang belum mendapatkan kartu diharapkan segera melapor ke BPJS. "Bagi yang belum mendapatkan kartu tersebut, namun namanya ada dalam data. Silahkan laporkan ke kita di BPJS," tambahnya.

[Man St Pambangun]