Juara di Dua Turnamen, SMAN 1 Payakumbuh Wakili Sumbar di Tingkat Nasional

SMAN 1 Payakumbuh Juara Pocari Sweat Futsal 2017
SMAN 1 Payakumbuh Juara Pocari Sweat Futsal 2017 (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Tim Futsal SMAN 1 Payakumbuh menjadi wakil Sumatra Barat dalam turnamen tingkat nasional yang akan berlangsung bulan November 2017.

SMAN 1 Payakumbuh menjuarai dua turnamen sekaligus di tingkat Sumbar. Turnamen pertama, SMAN 1 Payakumbuh juarai Pocari Sweat Futsal Champioship 2017 Regional Padang dan turnamen kedua Hydro Coco National Futsal Tournamen.

baca juga: Besok, Pasar Ternak Payakumbuh Kembali Dibuka

Di partai final Pocari Sweat Futsal Championship 2017, SMAN 1 Payakumbuh mengalahkan SMAN 9 dengan skor 5-4.

"Alhamdulillah ditahun kedua kita ikut, langsung mewakili Sumbar. Di tingkat nasional turnamen ini berubah nama menjadi Piala Menpora. Turnamen ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung di Bandung pada November mendatang," ujar Manajer SMAN 1 Payakumbuh Beni Wendri saat ditemui KLIKPOSITIF , Senin 11 September 2017.

baca juga: Camat Latina: Penerima Bansos Pemko Payakumbuh Harus Tepat Sasaran

Ini menjadi yang kedua kalinya SMAN 1 Payakumbuh ikut Pocari Sweat Futsal Championship. Tahun lalu, SMAN 1 Payakumbuh hanya mampu bertahan hingga babak 8 besar yang saat itu kalah dari SMAN 3 Padang.

"Tahun ini kami bertemu di semi final dan berhasil menumbangkan SMA 3 Padang yang merupakan juara bertahan dengan skor telak 8-0," ujarnya.

baca juga: Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Tertibkan Kafe di Payakumbuh

Sementara itu, di Hydro Coco National Futsal Tournament, SMAN 1 Payakumbuh juga mengalahkan SMAN 9 Padang di partai final. Skuat asuhan Luberta dan Uci Imral menang lewat penalti setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

"Untuk Hydro Coxo National Futsal Tournament, kita bermain di Regional Sumatera dulu di Medan," kata Luberta.

baca juga: PSBB Jilid III, Camat Payakumbuh Selatan Siap Disiplinkan Warga di 6 Kelurahan

Menghadapi dua turnamen yang hampir bersamaan, Luberta mengaku tengah mempersiapkan tim dengan menggelar latihan rutin setiap minggu. Hal ini menurutnya untuk menjaga kondisi baik individual maupun tim jelang kompetisi yang akan berlangsung beberapa bulan lagi.

"Tim Pocari dan Hydro Coco itu sama dan kemungkinan akan dipertahankan. Saat ini pemain sudah saling mengerti satu sama lain. Takutnya nanti kalau dirombak akan terjadi perubahan dalam pola permainan anak-anak. Jadwal latihan disesuaikan dengan sekolah karena dalam seminggu, di sekolah ada hari khusus untuk ekstrakurikuler," ujar Luberta.

Selama turnamen di tingkat Sumbar, kata Luberta masih ada kelemahan yang harus di evaluasi. "Salah satunya yaitu pola serangan. Beberapa gol yang tercipta, pada umumnya masih mengandalkan individu pemain," ujarnya.

Untuk target, tim manajemen dan pelatih menargetkan SMAN 1 Payakumbuh dapat menjadi juara. Untuk Hydro Coco National Futsal Tournament, ia berharap dapat lolos ke tingkat nasional dan internasional. Sehingga SMAN 1 Payakumbuh dapat membawa nama Payakumbuh dan Sumbar berkiprah ditingkat nasional dan internasional.

[Ade Suhendra]

Penulis: Rezka Delpiera