Tuan Rumah HPN 2018, Momen Pemprov Promosi Pariwisata Sumbar

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat aat menghadiri launching HPN 2018 di Gedung TVRI Pusat, Minggu malam (10/9)
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat aat menghadiri launching HPN 2018 di Gedung TVRI Pusat, Minggu malam (10/9) (Humas Pemprov Sumbar)

KLIKPOSITIF - Terpilihnya Sumatra Barat ( Sumbar ) sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional ( HPN ) 2018, membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menyiapkan itu sebagai sebuah momentum untuk menggerakan pariwisata Sumbar . Apalagi, saat ini Sumbar tengah gencar melakukan promosi wisata.

" HPN 2018 di Sumbar menjadi momentum untuk perkembangan wisata di setiap daerah Kabupaten/Kota di Sumbar . Karena, pada HPN ini seluruh jurnalis se-Indonesia akan berkumpul di Sumbar . Tidak hanya para jurnalis, namun juga akan dibuka langsung oleh Presiden RI, serta dihadiri Menteri dan Pejabat Negara. Sehingga, ini merupakan kesempatan yang luar bisa membangun potensi daerah," ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat menghadiri launching HPN 2018 di Gedung TVRI Pusat, Minggu malam (10/9).

Dengan begitu, menurut Gubernur promosi wisata bertaraf Nasional. Promosi HPN 2018 menjadi ajang promosi yang menguntungkan bagi Sumbar , karena ini akan mebuat Sumbar lebih dikenal lagi. Meskipun wisata Sumbar juga telah dikenal masyarakat luas dengan adanya pengakuan dunia dengan meraih Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia, Destinasi Kuliner Halal Terbaik Dunia, serta Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik Dunia.

Baca Juga

"Untuk itu, kami berharap adanya HPN ini lebih mengenalkan Sumbar dimata dunia. Karena, hadirnya jurnalis se - Indonesia akan lebih memberitakan, menulis dan mempublikasikan keindahan alam, keelokan budaya dan tradisi serta kenikmatan makanan kuliner Sumbar ," ulasnya.

Dalam Kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Margiono menyebutkan, HPN 2018 di Sumbar akan berbeda dengan HPN sebelumnya. "Ini pesta wartawan dan wartawan akan dimanjakan dengan segala keindahan Minangkabau," ungkapnya.

Gubernur juga mengapresiasi PWI Sumbar yg telah bekerja keras mensukseskan launching di Jakarta. "Karena tanpa dukungan kawan-kawan PWI Sumbar , saya yakin acara tsb tidak akan terselenggara dengan baik. Di samping itu, ucapan terima kasih kepada Semen Padang, Bank Nagari dan Telkomsel Sumbar yang turut membantu kelancaran penyelenggaraan launching," katanya.

Selanjutnya, kata Gubernur, setelah launching maka tugas bersama yakni PWI Sumbar dan Panpel HPN 2018 untuk bekerja.

Sementara itu, Sekertaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara berkomitmen dalam mempromosikan Sumbar sebagai destinasi pariwisata.

"Tulisan dari para wartawan yang mengikuti HPN di Sumbar , akan dibaca banyak orang, serta mempengaruhi minat orang untuk berkunjung ke Sumbar ," paparnya.

Sedangkan, Kepala Biro Humas Sumbar , Jasman Rizal mengatakan, bahwa launching itu akan menjadi perhatian seluruh wartawan di Indonesia.

"Momentum itu akan dimanfaatkan semaksimal mungkin mempromosikan Sumbar ke daerah lain," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]

Baca Juga

Penulis: Webtorial

Video Terbaru

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com