Pemkab Mentawai Kembangkan Energi Listrik Biomassa dari Bambu

"Proyek pembangkit listrik biomassa dengan menggunakan bambu yang telah mendapatkan kajian dari Bappeda Mentawai"
Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet Menyampaikan Pemaparan Soal Energi Biomassa dari Bambu di Unand (Istimewa)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai mengembangkan sumber energi listrik biomassa yang berasal dari bambu. Energi alternatif ini diklaim lebih murah daripada listrik dari diesel.

Proyek pembangkit listrik biomassa dengan menggunakan bambu yang telah mendapatkan kajian dari Bappeda Mentawai dengan Universitas Andalas pada tahun 2015 lalu.

Pengembangan proyek itu disampaikan Yudas pada Seminar Uji Sahih Rancangan Undang-Undang Tentang Energi Baru dan Terbarukan yang diadakan di Fakultas Teknik Universitas Andalas Padang.

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet mengatakan proyek tersebut dilakukan bersama PT. Clean Power Indonesia (CPI). melalui hibah dari Millennium Challenge Account (MCA) Indonesia yang perjanjiannya telah ditandatangani pada Maret 2017 lalu.

"Alternatif ini dilakukan karena suplai energi listrik dari PLN untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat Mentawai sangatlah terbatas, karena  PLN di Mentawai sampai saat ini masih mengandalkan energi dari diesel yang berbahan bakar solar dengan harga yang cukup mahal," kata Yudas.

Menurutnya penerapan energi listrik yang berasal dari diesel tersebut kerap mengalami kendala teknis, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengharapkan pasokan energi listrik dari perusahaan listrik milik negara itu.

"Masyarakat Mentawai itu tidak seperti di kota, kadang satu kampung hanya ada 50 KK, jarak satu kampung dengan kampung lainnya juga tidak terlalu dekat, kalau kita harapkan dari PLN untuk memasok listrik kepada masyarakat secara keseluruhan tentu akan membutuhkan waktu yang lama," jelasnya kemudian.

Yudas menyebutkan, pasokan listrik dari PLN yang bisa dinikmati masyarakat Mentawai hanya mencapai 32 persen atau sekitar 6.500 pelanggan saja dibandingkan jumlah keluarga yang mencapai 20.343 KK.

"Jadi proyek Pembangkit listrik alternatif dengan energi terbarukan menggunakan biomassa bambu ini merupkan pilihan yang ... Baca halaman selanjutnya