Gubernur Sumbar : Hanya 7 Daerah yang Serius Kembangkan Pariwisata

"Dari 7 daerah yang disebut itu, tak ada Kota Padang"
Penandatanganan MoU antara Pemprov Sumbar dengan Kabupaten/Kota tentang kepariwisataan (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyebut tidak semua daerah di Sumbar yang betul-betul serius mengembangkan pariwisata. Dari 19 kabupaten dan kota, menurutnya hanya tujuh daerah yang betul-betul serius mengembangkan pariwisata dan Kota Padang tidak termasuk dalam tujuh daerah itu.

Ketujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam, Kabupaten Mentawai, Kota Sawahlunto, Kota Pariaman, dan Kota Bukittinggi.

Menurut Gubernur, keseriusan itu bisa dilihat dari dari porsi dana APBD masing-masing daerah untuk kepariwisataan. 

"Tidak semua kepala daerah di Sumbar peduli terhadap kemajuan pariwisata. Ada yang 40 persen, ada 60 persen, ada juga yang 100 persen," kata Irwan Prayitno saat memberikan paparan pada acara penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) untuk meningkatkan sinergitas Pemprov Sumbar dengan Kabupaten/Kota dan lembaga lainnya, di Auditorium Gubernuran, Senin 18 September 2017.

Irwan melanjutkan, ketujuh daerah dianggap serius memajukan sektor pariwisata, mulai dari perencanaan, anggaran dan destinasi prioritas. 

Keseriusan daerah tersebut lanjut Gubernur, akan disokong penuh oleh Pemerintah Provinsi, mulai dari pematangan rencana hingga penganggarannya sendiri. Namun, setelah ini akan ada daerah yang akan ditunjuk, dengan catatan sudah merespon program Program pariwisata yang dilontarkan Provinsi pada masing-masing daerah.

"Ibaratnya gini, sekarang kami dahulukan dulu daerah yang betul-betul siap berlari. Bukan yang masih duduk. Biarlah dulu mereka berdiri, berjalan, nanti kita ajak lari," tambah Gubernur.

[Joni Abdul Kasir]