Untuk Rohingya, Payakumbuh Kumpulkan Rp220 Juta

"Penggalangan dana ini dilakukan oleh One Care dan Yayasan Muslim Bersaudara Sehati Sumbar"
Tausiyah sebelum penggalangan dana di SMA 2 Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebanyak Rp220 juta untuk Rohingya berhasil dikumpulkan One Care dan Yayasan Muslim Bersaudara Sehati Sumbar di Payakumbuh, Jumat 22 September 2017.

Perwakilan One Care dan Yayasan Muslim Bersaudara Sehati Sumbar, Zaki Purnama, usai pelaksanaan Tausiyah menggalang dana di SMAN 2 Payakumbuh mengatakan, saat ini timnya juga tengah menggalang dana ke sekolah-sekolah lainnya. 

"Alhamdulillah hari ini (Jumat) terkumpul sebanyak Rp5.703.000 dari siswa-siswa SMAN 2 Payakumbuh, guru, dan pihak sekolah. Sebelumnya, kami juga telah menggelar aksi jalan kaki bersama Walikota Payakumbuh serta masyarakat yang sekaligus menggalang dana di sana," ujar Zaki.

"Kami telah menyampaikan kepada pemerintah beberapa waktu lalu agar terus mendesak melalui jalur politik agar kekerasan dan kegiatan yang tidak manusiawi di sana segera dihentikan. Kami mengutuk keras tindakan yang telah dilakukan militer Myanmar atas tindakan keji yang telah dilakukannya selama ini," sambungnya.

Ia menjelaskan selain mengumpulkan dana ke sekolah, pihaknya juga telah mengirimkan Surat kepada komunitas, perkumpulan majelis taklim, dan asosiasi lainnya untuk ikut menggalang dana serta melakukan aksi peduli Rohingya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Payakumbuh Irma Takarina mengapresiasi dan mendukung kepedulian siswanya yang telah ikut serta menyisihkan uang sakunya untuk disumbangkan ke korban Rohingya. Ia berharap dana bantuan yang dikumpulkan melalui One Care dan Yayasan Sehati dapat tersalurkan dan bermanfaat bagi yang menerima.

"Kami pihak sekolah sangat bangga sekali atas rasa peduli yang dilakukan siswa. Semoga ini nantinya dapat lebih meningkatkan rasa peduli mereka terhadap sesama sejak dini atau remaja," ujar Irma Takarina.

[Ade Suhendra]