Pakistan dan Bangladesh Belajar Pengelolaan Haji Indonesia

"Pakistan menempati urutan kedua setelah Indonesia dengan 179ribu kuota haji, dengan 100ribuan di antaranya adalah haji Reguler"
Ilustrasi (Kemenag)

KLIKPOSITIF -- Setelah sebelumnya Tim Tabung Haji Malaysia, giliran Misi Haji Pakistan dan Bangladesh yang belajar tentang pengelolaan jemaah haji Indonesia. Berbeda dengan Malaysia yang kuotanya hanya 30ribuan, kedua negara ini masuk dalam 10 besar negara terbesar pengirim jemaah haji.

Pakistan menempati urutan kedua setelah Indonesia dengan 179ribu kuota haji, dengan 100ribuan di antaranya adalah haji Reguler. Bangladesh menempati urutan keempat dengan 129ribu kuota haji. Tempat ketiga milik India dengan 170ribu kuota haji.

“Misi Haji Pakistan dan Bangladesh dipimpin oleh masing-masing konsulnya di Arab Saudi,” terang Kadaker Makkah Nasrullah Jasam yang ikut menerima mereka di Daker Makkah, Jumat (22/09).

Delegasi kedua negara ini diterima oleh Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis dan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Ahmad Dumyathi Bashori.

Sebagaimana Malaysia, lanjut Nasrullah, kunjungan kedua misi haji ini untuk mengetahui lebih detail tentang manajemen haji Indonesia sebagai pengirim jemaah haji terbesar. Sebelumnya, mereka menjelaskan data-data pengelolaan jemaah di negara mereka masing-masing.

Menurut Nasrullah, akomodasi jemaah haji Pakistan dan Bangladesh di Makkah jaraknya hingga mencapai 7 km dari Masjidil Haram. Sedang di Madinah, sekitar 10 ribu jemaah haji regular mereka tinggal di hotel yang terletak di luar markaziyah.

“Masa tinggal jemaah mereka di Arab Saudi berkisar antara 43 - 45 hari. Kedatangan kloter pertama mulai 1 Dzulqa'dah, “Sebagian jemaah mereka juga tinggal di tenda Mina Jadid,” lanjutnya

Meski kuotanya lebih sedikit dibanding Indonesia, kata Nasrullah, hotel yang disewa Pakistan di Makkah lebih banyak, mencapai 195 hotel. Padahal, Indonesia hanya menyewa 155 hotel. Artinya, kapasitas hotel mereka jauh lebih kecil.

Sri Ilham menyambut baik kedatangan Misi Haji Pakistan dan Bangladesh. ... Baca halaman selanjutnya