Rusak Tanaman, Ratusan Tikus Dibunuh Petani Ampang Gadang

"Setiap berburu tikus, petani bisa membunuh sekitar 400-an tikus"
Seorang petani membawa anjing pemburu untuk membantu membunuh tikus (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Para petani di Jorong Ampang Gadang, Nagari Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Agam-Sumbar, melakukan aksi berantas hama tikus, Minggu 24 September 2017.

Ketua Kelompok Tani Ampuah Ampang Gadang, Amhar, menyebut aksi berantas hama tikus ini terpaksa dilakukan, sebab tikus sudah begitu ganas merusak tanaman padi di sawah.

"Akhir-akhir ini serangan tikus benar-benar keterlaluan, sudah sangat merusak," jelas Amhar seraya menunjukkan batang-batang padi yang dirusak tikus.

Aksi berantas tikus ini dilakukan dengan cara memburu tikus hingga ke sarang-sarangnya. Begitu melihat lubang di pematang sawah yang dicurigai sebagai sarang tikus, para petani langsung membongkarnya dengan menggunakan pacul.

Setelah digali beberapa saat dan ditemukan ada tikus, petani langsung membunuhnya. Agar lebih efektif beberapa petani juga memanfaatkan anjing pemburu untuk melumpuhkan tikus-tikus itu.

"Ini sudah kali ke empat atau tiap minggunya kami lakukan. Dalam setiap aksi, biasanya diikuti 50-60 petani," sebut Amhar.

Dalam sekali beraksi, sebut Amhar, para petani bisa membunuh lebih dari 400-an tikus.

"Cara ini lebih efektif daripada metode pengasapan, dan hasilnya langsung terbukti bisa mengurangi populasi tikus. Kalau tak dibeginikan, bisa gagal panen kami," ungkapnya.

[Hatta Rizal]