Rusak Tanaman, Ratusan Tikus Dibunuh Petani Ampang Gadang

Seorang petani membawa anjing pemburu untuk membantu membunuh tikus
Seorang petani membawa anjing pemburu untuk membantu membunuh tikus (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF  -- Para petani di Jorong Ampang Gadang , Nagari Ampang Gadang , Kecamatan Ampek Angkek, Agam -Sumbar, melakukan aksi berantas hama tikus , Minggu 24 September 2017.

Ketua Kelompok Tani Ampuah Ampang Gadang , Amhar, menyebut aksi berantas hama tikus ini terpaksa dilakukan, sebab tikus sudah begitu ganas merusak tanaman padi di sawah.

baca juga: Jalan Alternatif Padang-Bukittinggi Via Malalak Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

"Akhir-akhir ini serangan tikus benar-benar keterlaluan, sudah sangat merusak," jelas Amhar seraya menunjukkan batang-batang padi yang dirusak tikus.

Aksi berantas tikus ini dilakukan dengan cara memburu tikus hingga ke sarang-sarangnya. Begitu melihat lubang di pematang sawah yang dicurigai sebagai sarang tikus, para petani langsung membongkarnya dengan menggunakan pacul.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Bantuan Penanganan COVID-19 kepada Pemkab Agam

Setelah digali beberapa saat dan ditemukan ada tikus, petani langsung membunuhnya. Agar lebih efektif beberapa petani juga memanfaatkan anjing pemburu untuk melumpuhkan tikus-tikus itu.

"Ini sudah kali ke empat atau tiap minggunya kami lakukan. Dalam setiap aksi, biasanya diikuti 50-60 petani ," sebut Amhar.

baca juga: Ini Hasil Labor 50 Warga Agam yang Lakukan Tes Swab, 14 Lainnya Masih Menunggu

Dalam sekali beraksi, sebut Amhar, para petani bisa membunuh lebih dari 400-an tikus.

"Cara ini lebih efektif daripada metode pengasapan, dan hasilnya langsung terbukti bisa mengurangi populasi tikus. Kalau tak dibeginikan, bisa gagal panen kami," ungkapnya.

baca juga: Ini Kondisi Terkini Longsor di Tanjung Sani Agam

[Hatta Rizal]

Penulis: Iwan R