Besok, Petani Pasbar Demo ke Kantor Bupati

"Aksi itu rencananya akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB"
Spanduk yang telah dipersiapkan petani untuk aksi demo besok (Istimewa)

PASBAR,KLIKPOSITIF -- Ratusan petani yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar rencananya akan melakukan demo ke Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin 25 September 2017 besok.

"Ya benar, Senin 25 September 2017 besok kami akan gelar aksi damai dalam rangka Peringatan Hari Tani Nasional ke–57 sesuai UU No.5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria,” ujar Ketua DPC SPI Pasaman Barat, Januardi, saat dihubungi KLIKPOSITIF melalui telepon genggam, Minggu 24 September 2017.

Ia menjelaskan, demo tersebut akan dimulai dengan aksi longmarch dengam rute Depan Mesjid Agung-Kantor ATR/BPN Pasbar-Kantor Bupati Pasbar.

“Kami ingin berdialog dengan Bupati Pasaman Barat dalam upaya mewujudkan penyelesaian sengketa agraria di Kabupaten Pasaman Barat ini,” kata Januardi.

Menurut Januardi, rencananya aksi damai ini akan diikuti sekitar 200 orang yang berasal dari sejumlah basis SPI yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Pasaman Barat, Iptu Elvis Susilo, menyebut aksi damai ini telah mengantongi izin dari kepolisian. Ia berharap aksi tersebut berlangsung dengan damai tanpa ada aksi yang membuat anarkis.

“Ya, surat dari DPC SPI Pasaman Barat sudah kami terima. Dalam suratnya, aksi itu disebut akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB,” ujar Elvis Susilo.

[Buyung Fajri]