Terkait IUP CnC, Ini Kata Gubernur Sumbar

"Belum ada dari sekian banyak tambang Non CnC yang dicabut melalui SK gubernur"
Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebut, hingga saat ini belum satupun Izin Usaha Pertambangan (IUP) Non Clean and Clear (CnC) di Provinsi Sumatera Barat yang dicabut melalui Surat Keputusan Gubernur. 

“Belum ada dari sekian banyak tambang Non CnC yang dicabut melalui SK gubernur,” sebut Irwan Prayitno, Minggu 24 September 2017 di Padang.

Irwan mengaku, saat ini masih menunggu petunjuk pelaksanaan petunjuk teknis (Juklak Juknis) dari kementerian ESDM.

Ia menjelaskan, seyogyanya, sesuai logika hukum, pencabutan dilakukan di daerah penerbitan izin. Namun setelah kewenangan dari kabupaten dan kota pindah ke provinsi, belum ada aturan jelas siapa yang melakukan pencabutan, apakah bupati/walikota atau gubernur.

“Aturan yang jelas belum ada, nanti saya keluarkan SK malah dianggap bertindak diluar kewenangan, bisa berurusan dengan hukum juga. Kalau ada aturan yang jelas, pasti saya lakukan,” tegasnya.

Ditambahkan kepala dinas ESDM Sumbar Heri Martinus, untuk pencabutan izin, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sedang meminta kejelasan persoalan itu ke pusat.

Dia menerangkan sebanyak 213 IUP tambang di Sumbar wajib evaluasi. Dari 213 tersebut, 83 tambang kategori CnC dan 130 non CnC.

[Joni Abdul Kasir]