Tenaga Medis dari 4 Negara Ikuti Konferensi Internasional AINIC di Padang

"perawat dan tenaga medis lainnya memiliki peran penting dalam memberikan perawatan pasca bencana kepada korban"
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Joni Abdul Kasir/Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 250 tenaga medis dari 4 negara mengikuti Konferensi Internasional AINIC yang diselenggarakan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (Unand) Padang di Hotel Grand Inna Muara, Senin 25 September 2017. Kegiatan itu dibuka oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno mengatakan, Sumbar merupakan daerah rawan bencana. Oleh sebab itu, perawat dan tenaga medis lainnya memiliki peran penting dalam memberikan perawatan pasca bencana kepada korban.

"Pasca bencana, korban butuh perawatan fisik dan fisikis. Maka mereka perlu perawatan khusus dari perawat terutama untuk menghilangkan trauma akibat bencana," kata Irwan Prayitno saat membuka konferensi.

Gubernur menambahkan, Sumbar ditakdirkan berada pada lempeng-lempeng dan gunung berapi aktif yang bisa mengancam kapan saja.

"Maka dari itu, peran perawat juga diharapkan bisa meminimalisir korban bencana di Sumbar dengan mengadakan penelitian serta bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Semakin banyak riset dalam bidang keperawatan bencana semakin baik untuk penanganan korban bencana selanjutnya," tuturnya.

Sementara Dekan Fakultas Keperawatan Unand Prof. Rizanda Machmud mengatakan, secara khusus dibanding sistem keperawatan lainnya, keperawatan bencana ini memiliki banyak perbedaan salah satunya terkait perawatan kejiwaan.

Ia menjelaskan, dari survei yang dilakukan salah satu rumah sakit kejiwaan di Padang, banyak warga yang trauma pasca terjadinya gempa 2009. Terutama terhadap anak yang hiperaktif dan orang tua yang mengalami gangguan orientasi seperti pelupa.

"Sumbar sebagai provinsi yang rawan dan sering terjadi beragam bencana alam tentu dituntut untuk mencarikan solusi dalam penanganan korban. Untuk itu perlu manajemen pasca bencana khususnya perawatan kesehatan mental," sebutnya.

Ditambahkannya, "Dalam Konferensi Internasional AINIC ini akan kami ... Baca halaman selanjutnya