Parmas Tidak Hanya Tugas Penyelenggara Pemilu

"Parmas bukan hanya tugas penyelenggara pemilu saja, namun juga tugas dan tanggung jawab kita semua, parpol, pemda, pers dan masyarakat semua"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok mengelar acara Forum Group Discussion (FGD) Peningkatan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Selasa (26/9/2017). Dalam FGD ini mengundang ketua partai politik se-Kabupaten Solok, Kepala Kantor Kesbangpol, Kepala Kantor Disdukcapil, ormas, OKP se-Kabupaten Solok, para Ketua OSIS SMAN I Kubung, Muara Panas, dan Gunung Talang.

Ketua KPU Kabupaten Solok Elwiza mengatakan, bahwa kecenderungan parmas, “sakitnya tuh di sini”, karena parmas Kabupaten Solok dalam pemilu terakhir cenderung menurun.

“Parmas bukan hanya tugas penyelenggara pemilu saja, namun juga tugas dan tanggung jawab kita semua, parpol, pemda, pers dan masyarakat semua,” ujar Elwiza, dilansir dari laman KPU.

Sementara itu, narasumber Eka Vidya Putra, mengatakan bahwa diskusi tentang partisipasi pemilih sudah "karatan" dan tiap pemilu diadakan, namun yang terjadi justru cenderung mengalami penurunan. Apakah yang terjadi ataukah salah dalam memberikan obat?

Menggunakan hak pilih adalah hak setiap warga negara, tidak datang memilih juga bagian dari hak mereka, bukan merupakan kewajiban. Jadi tidak ada sanksi ketika tidak digunakan. Legitimasi hukum tidak bicara jumlah pemilih, tapi semakin banyak partisipasi akan lebih memperoleh legitimasi. Ada hal yang perlu didiskusikan kenapa ada warga yang mengguanakan hak pilihnya dan kenapa ada warga yang tidak menggunakan hak pilihnya.

Eka menuturkan, perlu kita ketahui bersama bawa Kabupaten Solok merupakan daerah yang memiliki angka suara tidak sah terbanyak di Sumatera Barat, hal ini juga perlu kita antisipasi bersama bagaimana orang datang untuk memilih dengan menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar.

Sementara itu, Saadudin dari Partai Persatuan Pembanggunan menyarankan, sebaiknya KPU Kabupaten Solok juga melibatkan siswa dan siswi Madrasah Aliah Negeri (MAN) dan pesantren karena mereka bisa nantinya melakukan ... Baca halaman selanjutnya