Kasus Minyak Tumpah di Laut, DLH Sumbar Tunggu Hasil Investigasi

"Hasil investigasi itu akan menentukan sanksi bagi perusahaan"
Tumpahan minyak di laut kawasan Pelabuhan Teluk Bayur, Kamis (28/09/2017) (Budi Sunandar)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar Siti Aisyah mengatakan, akan menunggu hasil investigasi dari tim lapangan untuk menentukan sanksi terhadap pencemar lingkungan terkait tumpahnya minyak CPO PT Wira Innomas.

"Untuk sanksi tentu kami menunggu investasi tim di lapangan, apakah ada unsur kelalaian dari perusahaan," tuturnya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Kamis 28 September 2017 di Padang.

Menurutnya, saat ini telah dilakukan langkah pemulihan terhadap lingkungan laut yang tercemar oleh minyak. Pihak DLH bersama BPBD, Dinas Kelautan dan Perikanan menurutnya juga telah turun ke lapangan untuk melakukan kajian.

"Nanti juga akan dihitung kerugian yang dialami masyarakat. Jika ada laporan masyarakat yang mengarah ke unsur pidana, maka nantinya akan ditangani oleh polisi," katanya.

Untuk memberikan sanksi berupa pencabutan izin lingkungan perusahaan, katanya, akan melalui proses panjang. Sebab, akan dikaji apakah persoalan itu akibat unsur kesengajaan dan kelalaian perusahan atau tidak. Ia menyebut, untuk memutuskan sanksi yang diberikan, nantinya akan berpedoman kepada hasil di lapangan.

"Sekarang kita lalui dulu tahapannya, apakah nanti mengarah kepada kelalaian. Saat ini belum bisa ditentukan sanksi apa, kami masih tunggu hasil tim di lapangan," tuturnya.

Siti mengaku belum melihat dokumen izin lingkungan perusahaan PT Wira Innomas, apakah Kota Padang yang keluarkan atau provinsi.

"Saya belum cek dokumen izin lingkungannya. Sesuai aturan, dimana diterbitkan, disana juga dilakukan pencabutan," tutupnya.

[Joni Abdul Kasir]