Mahyeldi Sindir Pelarangan Menonton Film G30S PKI

"Kalau memang mau dilarang, jangan memutarnya yang dilarang. Film itu yang dilarang"
Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah menyindir keras pihak yang melarang menonton film G30S PKI, sesuai imbauannya pada hari ini Sabtu 30 September 2017.

"Kalau memang mau dilarang, jangan memutarnya yang dilarang. Film itu yang dilarang," tegas Mahyeldi usai peringatan bencana gempa 30 September 2009 di Monumen Gempa, Sabtu sore.

Kata Mahyeldi, hingga kini dirinya tidak menerima surat larangan tersebut. Dia sendiri masih mengimbau masyarakat untuk mendampingi anaknya terutama yang duduk di bangku pelajar SMA dan SMP.

"Sampai sekarang belum ada larangan pada kita. Kalau ada larangan baru kita berhenti. Kalau tidak ada kita tidak berhenti. Saya sendiri yang perintahkan," ujarnya.

Dijelaskannya, imbauan untuk menonton agar masyarakat mengetahui sejarah kelam bangsa Indonesia. Yang mana ada sebagian orang yang ingin mengganti ideologi bangsa dari Pancasila ke komunisme.

"Kita menginginkan masyarakat tidak melupakan sejarah kelam bangsa ini. Saya rasa momen peristiwa itu adalah G30S PKI. Yang sudah difilmkan, didokumentasikan, yang sudah diakui pemerintah pada waktu itu," ungkapnya.

[Cecep Jambak]