Ini Rangkuman Sejarah PLTU Ombilin Sawahlunto

"Pembangunan PLTU Ombilin dimulai dengan tahap studi kelayakan, tahap prakonstruksi, tahap konstruksi, tahap commissioning dan tahap operasi."
PLTU Ombilin. (pln.co.id)

KLIKPOSITIF - Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia. PLTU Ombilin yang terletak di desa Sijantang berada sejauh ± 15 km dari kota Sawahlunto.

Dalam memenuhi kebutuhan tenaga listrik yang makin meningkat, pemerintah dalam hal ini PT PLN (Persero) menentukan kebijaksanaan penghematan penggunaan bahan bakar minyak. Maka pemanfaatan potensi batubara sebagai sumber energi listrik semakin penting. Pembangunan Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ombilin dengan menggunakan bahan bakar Batubara merupakan salah satu cara pemanfaatan potensi batubara di daerah Sawahlunto dan sekitarnya.

Pembangunan PLTU Ombilin dimulai dengan tahap studi kelayakan, tahap prakonstruksi, tahap konstruksi, tahap commissioning dan tahap operasi.

Pada bulan Juli 1993 konstruksi utama dimulai. Secara bertahap pembangunan PLTU Ombilin Unit 1 dan 2 mulai dikerjakan. Tiga tahun kemudian mulai beroperasi tepatnya pada bulan Juli 1996, disusul  PLTU Unit 2 bulan November 1996. PLTU Ombilin dapat berumur ± 30 tahun. Energi listrik yang dihasilkan PLTU Ombilin melalui Generator dengan Tegangan 11.5 kV, dinaikkan menjadi 150 kV melalui Main Transformer. Kemudian disalurkan melalui jaringan Tegangan Tinggi 150 kV yang menghubungkan ke sistem interkoneksi Sumatera, selanjutnya dikendalikan oleh Pusat Pengaturan Pengendalian Beban Sumatera (P3BS). (adv)