Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Mentawai Tekankan Pentingnya Menjaga Persatuan

"Yudas mengajak seluruh komponen di wilayahnya untuk bersinergi membangun daerah sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang dimiliki"
Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Makodim 0319 Mentawai. (istimewa)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF -- Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 di Lapangan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0319 Mentawai, Km. 9 Tuapejat, Senin 2 Oktober 2017.

Bupati yang didampingi ibu Rosmaida Yudas, Sekda Mentawai, Syaiful Djannah, unsur Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPINDA) dan para kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai pada pukul 07.30 WIB sudah berada di lokasi.

Peserta upacara sendiri berasal dari pasukan TNI, Polri, Basarnas, Pramuka, pelajar dan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mentawai. Dalam upacara yang berjalan hidmat tersebut, selaku inspektur upacara, Bupati membacakan Naskah Pancasila.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan naskah ikrar oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Yosep Sarogdok dan naskah Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh salah seorang anggota Kodim 0319 Mentawai. Sementara itu, M. Arif dari bagian kesra Sekretariat Daerah Pemkab Mentawai membacakan doa yang menjadi penutup rangkaian acara.

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet seusai upacara menyampaikan kepada awak media agar semua lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Mentawai yang terdiri dari keanekaragaman suku, ras, budaya dan agama agar tetap memegang teguh Pancasila sebagai ideologi serta menjaga persatuan dan kesatuan.

"Bangsa kita pernah mengalami sejarah kelam, yaitu kekejaman PKI. Nah, jangan sampai terulang kembali peristiwa keji ini. Hanya Pancasila yang pantas berada di hati dan menjadi ideologi kita, karena kita memang ditakdirkan sebagai negara besar dengan beragam suku, budaya dan agama," ujar Yudas.

Lebih lanjut, Yudas mengajak seluruh komponen bangsa, terutama yang ada di wilayahnya untuk bersinergi membangun daerah sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang dimiliki, sehingga kabupaten ... Baca halaman selanjutnya