Festival Pesona Mentawai 2017 Resmi Dibuka, Ini Imbauan Bupati

"Budaya Mentawai memiliki berbagai keunikan"
Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet bersama sama memukul kateuba k (sejenis gendang tradisional Mentawai) sebagai pertanda dibukanya Festival Pesona Metawai II-2017 (Ist)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet mengimbau warganya untuk tidak malu mempelajari dan memahami budaya Mentawai. Menurutnya, budaya Mentawai merupakan identitas yang juga merupakan salah satu bagian budaya bangsa yang harus dipelajari, dipahami dan dikembangkan.

"Budaya Mentawai memiliki berbagai keunikan. Selain itu, budaya Mentawai adalah identitas orang Mentawai yang juga merupakan bagian dari identitas daerah kita ini. Oleh karena itu, saya imbau masyarakat Mentawai dan juga orang lain yang sudah menetap di Mentawai untuk tidak malu mempelajari budaya disini," kata Yudas saat memberikan sambutan pada pembukaan Festival Pesona Mentawai (FPM) II-2017 di kawasan pantai Mapadegat-Sipora Utara, Minggu, (01/10).

Yudas mengungkapkan, sampai saat ini masih ada beberapa orang di luar Mentawai yang salah dalam memahami budaya Mentawai, seperti tradisi mencari kepiting pada bulan purnama atau Muanggau dalam bahasa Mentawai. Sayangnya, budaya ini dikatakan sebagai ajang mencari jodoh atau menjurus kepada kegiatan seks bebas, padahal tradisi Muanggau adalah tradisi orang Mentawai yang mencerminkan kebersamaan dan gotong royong. Karena masyarakat pada saat malam bulan purnama secara bersama-sama mencari anggau atau kepiting khas Mentawai.

"Karena itulah, semoga dengan adanya kegiatan festival budaya ini maka diharapkan akan ada klarifikasi terhadap pandangan yang tidak tepat tersebut terhadap tradisi Mentawai," ujar Yudas.

Pada kesempatan itu, Yudas juga mengapresiasi terselenggaranya Festival Pesona Mentawai tahun ini. Meskipun tampaknya pelaksanaan kegiatan ini cukup sulit, namun dengan adanya kerja keras dari Dinas Pariwisata dan kebersamaan dari seluruh ... Baca halaman selanjutnya