KPU Solok Mulai Verifikasi Parpol Peserta Pemilu

"pendaftaran partai politik dilakukan mulai tanggal 3 Oktober 2017, dan sangat diharapkan data yang disampaikan sesuai dengan data yang ada di Sipol"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok menyatakan pendaftaran Partai Politik Calon peserta pemilu 2019 dimulai hari ini, Selasa (3/10).

Divisi Hukum KPU Kabupaten Solok Roni Tri Noveta, mengatakan pendaftaran partai politik dilakukan mulai tanggal 3 Oktober 2017, dan sangat diharapkan data yang disampaikan sesuai dengan data yang ada di Sipol.

"Partai politik harus mengetahui hal yang sangat penting sekali terkait jumlah penduduk Kabupaten Solok sesuai dengan SK N0 165/HK-03-1-Kpt/03/KPU/IX/2017 Tentang Jumlah Penduduk setiap Provinsi, Kabupaten/Kota, maka jumlah penduduk Kabupaten Solok adalah sebanyak 375.801 orang," kata Roni, dilansir dari laman KPU, Selasa (3/9)

Ia menambahkan, berarti parpol ketika mendaftar melampirkan 1/1.000 dari jumlah penduduk minimal 375 orang, boleh pilih 1/1.000 atau lebih dari 1.000 orang tergantung pilihan parpol, dengan catatan bahwa parpol sudah benar meyakini KTA yang akan disampaikan ke KPU valid datanya.

Untuk itu, KPU Setempat telah melaksanakan sosialisasi Pendaftaran, Penelitian Administrasi , Verifikasi Faktual Partai Politik Calon peserta pemilu dan tata cara penggunaan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) kepada partai politik se-Kabupaten Solok, pada Senin (2/10) kepada semua ketua parpol/pengurus parpol dan satu orang operator Sipol dan juga Panwas Kabupaten Solok.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Solok Elwiza, menjelaskan, sosialisasi merupakan upaya KPU untuk melakukan persiapan menjelang pelaksanaan pemilu.

"Parpol tidak boleh melampirkan keterangan domisili yang dikeluarkan oleh wali nagari atau camat sebagai pengganti KTP elektronik, surat keterangan domisili tersebut harus dikeluarkan oleh Disdukcapil Kabupaten Solok," jelasnya. (*)

Sumber: KPU