Kajian Dampak PFAD Bagi Biota Laut Membutuhkan Waktu Panjang

"Kajian dampak setidaknya membutuhkan waktu 6 bulan paling lama"
Pembersihan PFAD di Pulau Sinyaru (Dok.BPSPL)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Sumatera Barat menyebutkan kondisi pulau-pulau yang terdampak kebocoran PFAD dari pipa PT Wira Inno Mas, Teluk Bayur sudah mulai bersih.

Kepala BPSPL Sumbar, Muhammad Yusuf mengatakan pembersihan dilakukan oleh pihak perusahaan. PT Wira Inno Mas katanya menyewa sejumlah warga untuk membersihkan pulau dari zat turunan CPO itu.

"Jadi butiran-butiran PFAD yang membeku dan tertutup pasir itu dibersihkan oleh warga dan kemudian dimasukkan ke dalam karung oleh warga, pulau yang mulai bersih dari zat itu adalah Sinyaru dan Pulau Pasir Gadang," katanya.

Menurutnya, sepekan pasca kebocoran pipa PT Wira Inno Mas di Teluk Bayur, hari ini belum ditemukan dampak yang berarti dari bahan baku pembuatan sabun tersebut.

"Sekarang belum ada dampak, namun kami tidak bisa benar-benar memastikannya karena butuh kajian yang lebih lanjut," sebut Yusuf.

Ia menyebutkan sementara ini Loka Riset Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir Sumbar telah mengambil sampel air untuk mengukur perbandingan baku mutu air laut pasca kebocoran pipa tersebut.

"Kajian dampak setidaknya membutuhkan waktu 6 bulan paling lama, jadi memang tidak bisa langsung diketahui," jelas dia kemudian.

Sebelumnya diketahui tumpahan minyak nabati atau Palm Fatty Acid Distillate (PFAD) akibat kebocoran pipa PT Wira Inno Mas di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang terbawa arus hingga ke pulau-pulau kecil yang ada di bagian Barat dan Selatan pelabuhan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari penelusuran Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Sumbar pada Selasa 3 Oktober lalu, tumpahan minyak nabati itu menumpuk di bagian pantai pulau-pulau tersebut.

Pulau yang terdampak adalah Pulau Sinyaru, Pulau Pasir Gadang, Pulau Pamutusan, Teluk Bungus dan Pantai Nirwana.

Tumpahan minyak nabati turunan dari Crude Palm Oil (CPO) tersebut hanyut karena salah satu ... Baca halaman selanjutnya