Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Limapuluh Kota Waspada Bencana Alam

"BPBD Limapuluh Kota mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam"
Bencana di 50 Kota beberapa waktu lalu. (KLIKPOSITIF/Arya Irfanus)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Intensitas hujan di Kabupaten Limapuluh Kota mulai meningkat beberapa hari belakangan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Limapuluh Kota, Ramadinol mengatakan, titik rawan bencana alam terdapat di empat kecamatan, yakni, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kecamatan Harau, Kecamatan Mungka dan Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Keempat kecamatan tersebut berpotensi banjir jika hujan terus mengguyur daerah tersebut. "Setiap intensitas hujan tinggi, sungai besar di empat kecamatan itu akan meluap," ucap Ramadinol, Senin 9 Oktober 2017.

Namun, dia mengatakan, selain banjir, daerah tersebut juga berpotensi longsor di enam titik. Keenam titik rawan longsor tersebut merupakan bekas longsoran yang terjadi pada Maret 2017 lalu yang menyebabkan enam korban tewas.

"Untuk kondisi cuaca, kita telah berkoordinasi dengan pihak BMKG Padang Panjang. Setiap hari kita selalu diwarning jika ada peningkatan curah hujan," lanjut Ramadinol.

[Arya Irfanus]