Hari Ketujuh, Belum Ada Parpol Serahkan Salinan KTA dan E-KTP Anggota Ke KPU Pasaman

"di KPU Pusat, partai yang telah mendaftar dan bisa diakses di Sipol saat ini sebanyak 11 partai politik"
Pendaftaran Parpol di Pasaman. (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Hingga hari ketujuh dibukanya pendaftaran partai politik (Parpol) di KPU Kabupaten Pasaman-Sumbar, belum ada satupun partai yang mendaftar untuk menyerahkan salinan KTA dan E-KTP, Senin 9 Oktober 2017.

Sementara di KPU Pusat, partai yang telah mendaftar dan bisa diakses di Sipol saat ini sebanyak 11 partai politik. Komisioner KPU Pasaman, Aprina Herawati kepada KLIKPOSITIF membenarkan hal tersebut.

"Kalau kita lihat di Sipol, sudah 11 partai politik yang mendaftar ke KPU pusat. Sementara, di tingkat kabupaten belum ada satupun parpol yang menyerahkan salinan KTA dan E-KTP," ujar Aprina.

11 partai yang telah mendaftar tersebut adalah partai Nasdem, PKS, Partai Gerindra, PPP, PDI P, partai Demokrat, Partai Garuda, PSI, Golkar, Hanura dan PAN. Kemudian, terkait dengan Partai Garuda di Kabupaten Pasaman, hingga saat ini belum pernah berkomunikasi dengan KPU.

Pihaknya berharap kepada Parpol yang sudah terdaftar di KPU RI agar segera mungkin pengurus tingkat kabupaten mendatangi KPU Pasaman untuk menyerahkan berkas salinan KTA dan E-KTP agar segera lengkap dokumen pendaftarannya.

Sesuai Pasal 173 ayat (2) huruf f Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan, untuk menjadi peserta pemilu, parpol disyaratkan memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 (seribu) atau 1/1000 (satu perseribu) dari jumlah penduduk di tingkat kabupaten/kota.

Pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019, dilakukan secara sentralistik di KPU RI. Penyerahan dokumen persyaratan sebagai peserta pemilu diserahkan pengurus parpol tingkat pusat kepada KPU RI. Sedangkan pengurus parpol tingkat kabupaten/kota menyerahkan dokumen data anggota kepada KPU kabupaten/kota masing masing.

Pendaftaran parpol akan berakhir pada tanggal 16 Oktober 2017 mendatang.

[Man St Pambangun]