KPU Pessel Baru Terima Satu Berkas Verifikasi Parpol Pemilu 2019

"KPU Pesisir Selatan mencatat, di Kabupaten itu terdapat 17 partai politik yang akan menjadi peserta pemilu"
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan baru menerima berkas verifikasi partai politik yang akan menjadi peserta pemilu 2019, setelah sepekan dibukanya pendaftaran 3 Oktober lalu.

Satu berkas verifikasi tersebut berasal dari Partai Perindo. Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar mengatakan partai yang dipimpin Hary Tanoesudibjo itu telah menyerahkan berkasnya pada Senin kemarin.

"Baru satu partai yang menyerahkan berkasnya, lainnya belum," katanya.

KPU Pesisir Selatan mencatat, di Kabupaten itu terdapat 17 partai politik yang akan menjadi peserta pemilu," Dari 17 parpol tersebut, 5 diantaranya adalah partai baru," ujar Epaldi.

Lima partai baru tersebut yakni Perindo, Partai Berkarya, Partai Republika Nusantara, Partai Solidaritas Indonesia, dan Parsindo.

"Lima partai baru tersebut sudah mendatangi kami untuk berkomunikasi dengan kami terkait proses pendaftaran, dan sekarang masih ditunggu berkasnya," ucap dia.

Sebelumnya, KPU membuka pendaftaran berkas verifikasi partai politik dari 3 hingga 16 Oktober 2017.

Berdasarkan Peraturan KPU nomor 7 tahun 2017, dan PKPU nomor 11 tahun 2017, setiap parpol yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) wajib mengisi data melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang tersedia dalam bentuk daring.

Kemudian arpol harus mengisi data mengenai kepengurusan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan; data anggota tingkat kabupaten/kota; dan data pendukung seperti SK Kemenkumham, lambang partai, serta nomor rekening.

Setelah mengisi data, parpol harus datang ke kantor KPU dan menyerahkan salinan data dalam bentuk tercetak. Beberapa formulir juga harus dibawa partai ke meja pendaftaran.

Setelah berkas lengkap dan parpol menerima tanda terima, KPU lakukan pemeriksaan administrasi mulai 17 Oktober hingga 15 November 2017.

Parpol yang tak memenuhi syarat administrasi diberi ... Baca halaman selanjutnya