PT KAI: Merusak Rambu Kereta Api Bisa Dipidana

"kata Zainir pagar pembatas disepanjang jalur rel kereta api ini yang sering hilang tanpa jejak ini berada pada titik sepanjang rel untuk Kota Padang disekitar Air Tawar hingga Lubuk Buaya."
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II operasional Sumbar, Zainir menyayangkan rambu serta pagar pembatas yang berada di sepanjang jalur Kereta Api sering dicopot oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Perilaku tersebut masuk dalam perusakan aset negara.

“Pagar pembatas ini merupakan upaya untuk keselamatan. Namun, dibeberapa titik sepanjang rel kereta api, pagar ini sudah ada yang dicopot oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Itu dibuktikan dengan jejak bekas copotan pagar,” ujarnya saat dihubungi KLIKPOSIIF, Selasa 10 Oktober 2017

Dikatakannya, pemagaran sepanjang rel ini merupakan upaya untuk mengantisipasi kecelakaan yang sering menimpa pengendara bermotor yang melintasi rel.

Sementara itu, kata Zainir pagar pembatas disepanjang jalur rel kereta api ini yang sering hilang tanpa jejak ini berada pada titik sepanjang rel untuk Kota Padang disekitar Air Tawar hingga Lubuk Buaya.

Disebutkannya, jika masyarakat menemukan oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan pencopotan pagar pembatas sepanjang rel kereta api agar segera melaporkan ke pihak berwajib karena sudah masuk ranah pidana merusak aset negara.

“Laporkan saja, biar pihak berwajib yang akan menindak jika ditemukan oknum yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja mencopot pagar pembatas ini,” tukasnya.

[Joni Abdul Kasir]