KPU Sumbar Klaim Sudah Maksimal Sosialisasikan Sipol

"KPU RI sudah melatih tenaga operator masing-masing partai di pusat. Begitu juga ditingkat provinsi dan pusat"
Komisioner KPU Sumbar, Fikon Dt Sati (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Komisioner KPU Sumatera Barat (Sumbar), Fikon Dt Sati menyatakan sudah maksimal melakukan sosialisasi terkait dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) baik dari pusat hingga ke daerah.

Lamanya partai politik mendatangi KPU untuk verifikasi partainya sebagai peserta Pemilu 2019 bukan mutlak karena faktor Sipol. Namun, saat ini mereka sedang bekerja keras untuk merpersiapkan berkasnya sampai lengkap sesuai aturan.

"KPU RI sudah melatih tenaga operator masing-masing partai di pusat. Begitu juga ditingkat provinsi dan pusat" ujar Fikon pada KLIKPOSITIF, usai menghadiri Sosialisasi Regulasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 yang dilaksanakan KPU Pasaman, Rabu 11 Oktober 2017.

Menurutnya, sesuai kesepakatan KPU RI dengan pengurus partai politik di pusat pelatihan itu hanya dilakukan ditingkat pusat saja. Namun, KPU di daerah juga melaksanakan supaya lebih paham.

Sebenarnya, partai politiklah pemain utama dalam pemilu ini untuk mensukseskannya dari seluruh regulasi Pemilu 2019. KPU hanya sebagai pengendali atau penyelenggara.

"Tapi saya yakin seluruh Parpol akan mendaftar sampai batas waktu yang ditentukan karena kita sudah komunikasi. Kita akan bekerja keras nantinya, karena mereka mendaftar menjelang penutupan" sebutnya. (Man St Pambangun)