KPU Sarankan Pengurus Parpol di Pessel Berkonsultasi Sebelum Mendaftar

"Hal ini dilakukan untuk menghindarkan kekeliruan dalam verifikasi berkas"
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan (Pessel)-Sumbar, Epaldi Bahar menyarankan pengurus partai politik (Parpol) di Pessel diharapkan mau berkonsultasi sebelum menyerahkan berkas ke KPU.

"Hingga Rabu siang tadi (11/10/2017) baru satu Partai Politik yang menyerahkan berkasnya ke kantor KPU. Kami juga menyarankan kepada semua pengurus Parpol yang akan mendaftar, sebelum menyampaikan berkas, sebaiknya berkonsultasi ke kami, untuk menghindarkan kekeliruan dalam verifikasi berkas," sebut Epaldi Bahar pada KLIKPOSITIF.

Dalam penyerahan berkas, lanjut Epaldi Bahar, pengurus Parpol haruslah memperhatikan persyaratan yang telah ditentukan KPU.

Dijelaskan juga, dalam pendaftaran petugas penghubung Parpol yang diberi mandat untuk pendafataran, tiap-tiap Parpol harus membawa 2 petugas. Selain itu, berkas yang diserahkan terdiri dari daftar nama dan alamat anggota Parpol di wilayah domisili yang harus sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

"Pertama lampiran 2 model F2 Parpol,  serta salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP atau Surat Keterangan Pengganti Sementara E-KTP yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Jumlah keanggotaan harus 518 orang untuk setiap Parpol," sebutnya.

Lanjutnya, jika dari persyaratan dalam lampiran 2 model F2 berdasarkan data SIPOL tidak sesuai, maka secara terpaksa akan di kembali KPU. "Semua berkas harus sama dengan jumlah salinan KTA, dan jumlah salinan E-KTP-E atau Surat Keterangan. Jika tidak, berkas dikembalikan," tutupnya.

[Kiki Julnasri]