Tingkatkan Kunjungan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Gandeng Komunitas dan Sekolah

" kunjungan perpustakaan daerah Sumbar mencapai 150 sampai 200 orang perhari dari komunitas dan siswa saja"
Ilustrasi (ist)

PADANG, KLIKPOSIIF -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar terus berupaya meningkatkan kunjungan ke pustaka daerah (Pusda). Cara yang dilakukan Pusda bekerjasama dengan berbagai pihak sekolah dan komunitas di daerah itu.

"Ini bentuk agar jangan lagi menjadi tempat yang kaku dan hanya dikunjungi anak yang memiliki predikat pintar. Namun, saat ini perpustakaan menjadi lokasi yang menyenangkan, itu dibuktikan dengan inovasi kreatif yang ada di perpustakaan daerah," sebut Alwis Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar, Rabu 11 oktober 2017.

Saat ini, kunjungan perpustakaan daerah Sumbar mencapai 150 sampai 200 orang perhari dari komunitas dan siswa saja. Dengan begitu pengujung pustaka perhari mencapai 600 orang. Pengunjung datang itu merupakan pelajar hingga masyarakat.

"Pada umumnya datang dari Sekolah Adzkia di Kota Padang," tuturnya.

Selain itu kata Alwis, Pustaka daerah saat ini telah memiliki koleksi yang terus diupdate. Koleksi buku yang ada di pustaka ini tidak hanya buku tentang perekonomian, perdagangan, sejarah, teknologi, keuangan. Namun juga buku tentang kedokteran meski belum begitu banyak. Naskah kuno tentang Minang Kabau, serta koleksi buku lainnya yang dapat dibaca oleh pengunjung untuk menambah ilmu pengetahuan mereka.

Dikatakannya, tidak hanya koleksi buku yang berbentuk fisik, namun Pusda juga memiliki perpustakaan digital. Serta, ada ruangan khusus untuk naskah kuno.

"Ini merupakan terobosan yang ada diperpustakaan daerah di Sumbar. Kami ingin menciptakan perpustakaan yang nikmat saat dikunjungi masyarakat," ulasnya.

"Kami dapat membuktikan itu dengan mengandeng berapa sekolah dasar di Kota Padang untuk mengunjugi pustaka. Dimana itu juga termasuk dalam melanjutkan program gemar membaca dan upaya meningkatkan kunjungan perpustakaan," tandasnya.

Ia berharap dengan meningkatnya kunjungan pustaka dan perubahan perwajahan pustaka yang terus berkembang seiring zaman. ... Baca halaman selanjutnya