20 Guru di Mentawai Ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan

"kegiatan ekstrakurikuler di sekolah wajib dilaksanakan kegiatan pramuka, untuk itu kita lakukan pembinaan melalui kursus mahir dasar ini"
Peserta Kursus Mahir Dasar sedang mengikuti upacara pembukaan di halaman hotel Jwelita tuapejat, Rabu (11/10) (Ist)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Dalam rangka meningkatkan pemahaman pengetahuan di bidang keparmukaan, sebanyak 20 pembina pramuka yang terdiri dari tenaga pengajar di sepuluh Kecamatan di Kepulauan Mentawai mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) yang diadakan Dinas Pariwisata, pemuda dan olah raga Mentawai di Tuapejat.

“Sekarang ini, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah wajib dilaksanakan kegiatan pramuka, untuk itu kita lakukan pembinaan melalui kursus mahir dasar ini, terutama untuk guru-guru yang ada di sekolah,” kata Kepala bidang pemuda dan olah raga Kabupaten Kepulauan Mentawai, Ikrar Jamal didampingi kepala seksi kepemudaan Mulyadi, di Tuapejat, Rabu (11/10).

Ikrar menyebutkan, kegiatan diadakan selama 6 hari , dari 8 – 13 Oktober 2017 dengan penyampaian materi tentang kepramukaan, diantaranya tentang Undang-undang kepramukaan, teknik mengajar, tali temali dan out boand. Kursus kita adakan selama 6 hari, nantinya peserta kursus akan mendapatkan sertifikat tanda kemahiran tingkat dasar, jadi sertifikat itu dapat digunakan sebagai syarat menjadi pembina pramuka tingkat dasar,” ujar Ikrar

Dengan adanya KMD itu, kata Ikrar, diharapkan akan semakin bertambah jumlah para pembina pramuka. Sehingga nantinya sekolah akan terbantu dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, khususnya di bidang kepramukaan. Kegiatan KMD ini tentu akan berdampak kepada sekolah, karena sekolah dapat terbantu dalam hal kegiatan ekstrakuriler anak didik di sekolah, ini tentu tidak terlepas dari peran dinas pendidikan,” kata Ikrar.

Sementara itu, Irwan (26), salah seorang peserta KMD yang juga seorang penggiat kepramukaan mengatakan, minat peserta didik untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di Kepulauan Mentawai, khususnya di Tuapejat cukup tinggi. Namun belum diimbangi dengan jumlah pembina pramuka yang sudah memiliki sertifikat sebagai pembina. "minat anak-anak dari tingkat SD sampai SMA di bidang kepramukaan sangat ... Baca halaman selanjutnya