Hari ke 10 Verifikasi Parpol, KPU : Baru Dua Partai yang Serahkan Berkas

"Artinya ada 15 parpol lagi yang belum mendatangi KPU setempat"
Suasana Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2019 di KPU Padang (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hingga hari ke 10, tercatat baru dua parpol yang menyerahkan dokumen untuk diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang sebagai peserta pemilu 2019.

Dengan begitu, artinya ada 15 parpol lagi yang belum mendatangi KPU setempat.

"Saat ini baru Perindo yang sudah ada serah terima lengkap. Tadi PDI-Perjuangan jug sudah datang, akan tetapi masih ada pengulangan karena ada berkas yang kurang lengkap. Kalau jumlah parpol ada 17, yang lama 12, baru ada lima," kata Ketua KPU Padang, M Sawati, Kamis 12 Oktober 2017.

Mengingat waktu yang semakin sempit, dia berharap parpol harus lebih mempercepat pelengkapan berkas, dan menyerahkannya pada KPU. Sebab, hingga saat ini belum ada petunjuk perpanjangan waktu penyerahan berkas dari KPU RI.

"Kalau telah habis batas waktu tentu parpol itu tidak dapat ikut pemilu 2019. Sampai saat ini belum ada sinyal dari KPU pusat untuk menambah waktu penerimaan berkas. Kami hanya bekerja sesuai dengan petunjuk dari pusat," sebut dia.

Sementara itu, Ketua Komisioner Divisi Hukum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Riki Eka Putra menyebut, untuk mengantisipasi membludaknya parpol datang pada tenggat waktu yang ditentukan, maka pihaknya akan menambah panel meja pendaftaran.

"KPU harus siap. Rencananya di hari terakhir akan dipasang empat panel meja pendaftaran. Antisipasi parpol yang datang bersamaan," ucap Riki.

Sembari itu, pihaknya masih melihat situasi yang berkembang. Sebab, dari informasi parpol secara lisan, akan banyak parpol yang datang pada hari Sabtu.

"Menyusun dokumen ini tentu perlu ketelitian dan memerlukan waktu. Kabarnya akan banyak datang pada akhir pekan ini. Jika begitu rencana penambahan panel akan disesuaikan," pungkasnya kemudian.

[Cecep Jambak]